Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan Mujiyat memaparkan tujuh hal penting pada evaluasi capaian kinerjanya sebagai penjabat bupati triwulan I Tahun 2024 di Kantor Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri) Jakarta Pusat.

"Terkait pengendalian inflasi saya monitoring harga bahan pokok di pasar-pasar tradisional dan pasar retail atau modern di Kabupaten Batola," ujar Mujiyat. disampaikan di Batola,Jumat.

Baca juga: Mujiyat: Tugas Pemkab Batola mengawal penyelenggaraan Pemilu

Untuk  penanganan stunting, sebut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batola sudah melakukan program pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan pemberian tablet tambah darah untuk ibu hamil.

Dia menjelaskan, Pemkab Batola sudah melakukan pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti, PT Bank BPR Batola, PD Aneka Usaha Selidah, PD Pelabuhan Barito Kuala Mandiri, PDAM Batola dan Bank Kalsel.

Sedangkan di sektor pelayanan publik, sebut dia, Pemkab Batola telah melakuan upaya Aplikasi Online berupa,  Sistem Informasi Bangunan Gedung (SIMBG), Cerdas Layanan Perizinan Terpadu Untuk Publik (SICANTIK).

Selanjutnya, Sistem Informasi Pendapatan Daerah (SIMPATDA),   Sistem Informasi Manajeman Pajak Bumi dan Bangunan (SIMPBB) dan Sistem Daftar Mandiri Online RSUD (SIMANDAI).

"Selama tahun 2023 Batola telah keluar dari kemiskinan ekstrim," terangnya. 

Tentunya upaya-upaya tersebut, ungkap dia, adalah bentuk keseriusan Pemkab Batola pada penanganan pengangguran di daerah tersebut.

Baca juga: Mujiyat: Empat persoalan penting membangun Batola

Lebih lanjut dia mengemukakan, kegiatan unggulan Batola meliputi,  pendidikan dan kesehatan, revitalisasi wista religius, pembangunan jalan, lumbung pangan dan mitigasi bencana.

"Sepanjang Tahun 2023 Pemkab Batola juga telah menyetujui 2.589 Nomor Induk Berusaha, 1.573 Izin Sertifikat Standar dan 725 Persetujuan Bangunan Gedung (PBG)," tegasnya.

Pada pemaparan itu, Penjabat Bupati Batola Mujiyat  didampingi Sekretaris Daerah Batola H Zulkipli Yadi Noor  secara langsung menyampaikan capaian kinerja tersebut di hadapan Inspektor I dan II serta PPUDP Ahli Utama.

Turut hadir pada acara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Samson,  Asisten Pemerintahan dan Kesra Hj Fahriana, Inspektur Batola H Ismed Zulfikar, Kadis Kominfo Batola Hery Sasmita dan Camat lingkup Pemkab Batola.
 
Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala Mujiyat memaparkan tujuh hal penting pada evaluasi capaian kinerja Pj Bupati Batola triwulan I Tahun 2024, di Kantor Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri) di Jl Medan Merdeka Timur Jakarta Pusat, Kamis (22/02/2024).(Antara/HO-Diskominfo Batola)

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024