TNI, Polri hingga Perlindungan Masyarakat (Linmas) mengawal dan mengamankan distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang melintasi aliran Anak Sungai Barito di Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Polres Tapin Polda Kalimantan Selatan AKP Agung Setiawan mengatakan ada lima armada perahu motor untuk mengangkut semua logistik pemilu di Kecamatan Candi Laras Utara.

Baca juga: Kapolres Tapin sebar ratusan anggota amankan TPS

"Dari 13 desa di Kecamatan Candi Laras Utara, ada 11 desa yang harus diakses melalui jalur sungai," ungkapnya saat memantau pelaksanaan distribusi logistik di Kecamatan Candi Laras Utara, Tapin, Selasa.

Disebutkan Agung, lokasi yang paling jauh untuk distribusi logistik pemilu berada di Desa Sawaja karena letak geografis berada di ujung Kabupaten Tapin berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

"Berdasarkan perhitungan, waktu tempuh untuk mencapai lokasi terjauh yakni Desa Sawaja bisa sekitar dua jam secara normal," ungkapnya.

Baca juga: Puskesmas di Tapin buka 24 jam layani penyelenggara pemilu
 

Petugas memuat logistik pemilu ke perahu motor di Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Selasa ((13/2/2024). ANTARA/Muhammad Fauzi Fadilah

Sementara itu, Kapolsek Candi Laras Utara Iptu Ketut Sedemen mengatakan anggota Polri bersama TNI dan Linmas diperintahkan mengawal ketat pendistribusian logistik pemilu.

"Kami berkolaborasi dengan TNI dan Linmas, untuk sistem keamanan kita melekat dengan logistik. Dari PPK hingga KPPS di tingkat desa, kita kawal ketat hingga sampai ke TPS," ujarnya.

Disebutkan Agung seluruh pasukan pengamanan ini menetap di setiap wilayah hingga selesai  pencoblosan Pemilu 2024.

"Rabu, kita lakukan pengamanan hingga kembali lagi ke gudang atau sekretariat KPU Tapin," tutur Ketut.

Baca juga: Bawaslu Tapin sisir APK masuki masa tenang pemilu

Hingga sore ini, dia mengatakan logistik pemilu di seluruh Kecamatan Candi Laras Utara yang disalurkan lewat darat maupun sungai sudah sampai dengan kondisi aman.

"Sementara ini belum ada kendala yang berarti. Alhamdulillah, kejadian tidak ada, mudah-mudahan nihil," ungkapnya.

Berdasarkan data dari KPU Kabupaten Tapin, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Candi Laras Utara sebanyak 57 lokasi.

Sedangkan, untuk melayani hak suara 1.327 daftar pemilih tetap (DPT) di Kecamatan Candi Laras Utara ini, total jumlah yang didistribusikan untuk kotak suara sebanyak 285 buah dan bilik suara 228 buah.

Baca juga: Pj Bupati Tapin ajak masyarakat kawal dan ciptakan kedamaian Pemilu

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024