Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan menyisir alat peraga kampanye (APK) untuk ditertibkan pada masa tenang Pemilihan Umum (pemilu) mulai 11-13 Februari 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tapin Abid Fikasi Gulo mengatakan penertiban APK akan berjalan hingga Senin besok melibatkan Panwaslu pada setiap tingkat hingga tim kampanye daerah (TKD).

"APK yang terkumpul nantinya disimpan di Satpol PP dan setelah pemilu berlangsung bisa kembali diambil," ujar Abid usai Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 di Rantau, Minggu.

Baca juga: Pj Bupati Tapin ajak masyarakat kawal dan ciptaan kedamaian Pemilu

Menurut data Bawaslu, APK yang terpasang di Tapin mencapai 3.600 buah, namun Abid mengatakan jumlah hasil dari penertiban bisa diketahui pada Senin besok.

Abid mengatakan petugas tidak hanya menyasar APK fisik, namun spanduk bermuatan kampanye melalui media sosial pun bakal ditertibkan pada masa tenang.

"Secara keseluruhan kita semaksimal mungkin berusaha agar daerah Tapin bersih dari kegiatan kampanye selama masa tenang," tuturnya.

Baca juga: Pj Bupati Tapin perintahkan ASN netral saat Pemilu 2024

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin mengajak seluruh komponen masyarakat untuk turut serta mengawasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 agar berjalan lancar dan damai.

"Saya mengajak aparat pengawas dan seluruh masyarakat untuk bersatu menjaga keamanan dan kedamaian. Karena Pemilu bukanlah perang, melainkan pesta demokrasi," ujar Syarifuddin.

Syarifuddin pun menyerukan agar Pemilu di Kabupaten Tapin dapat berjalan dengan adil hingga transparan.

"Suksesnya Pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara, namun juga seluruh elemen masyarakat. Untuk itu, seluruh unsur dapat mengawal bersama semua tahapan Pemilu dan juga kondusif di wilayah masing-masing," ungkapnya.

Baca juga: Pemuka suku di Tapin deklarasi damai Pemilu 2024

Syarifuddin menginginkan perhelatan Pemilu di Kabupaten Tapin berkualitas, berintegritas dan memberikan nilai-nilai edukasi kepada masyarakat.

"Lalu, ajak masyarakat untuk datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih masing-masing," ujarnya.

Selebihnya, Syarifuddin memberikan pesan untuk seluruh aparat pengawasan di semua tingkatan agar komitmen mengawal hingga menciptakan Pemilu yang bersih.

Baca juga: Raja Dangdut kampanye Pemilu damai di Tapin Kalsel

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024