Pemerintah Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan tetap membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil meski pun pemerintah menghentikan sementara penerimaan aparatur negara itu.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Banjarbaru Wahyuddin Senin mengatakan, masih dibukanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) karena porsi belanja pembangunan masih melebihi porsi belanja pegawai.

"Acuannya adalah perbandingan belanja pembangunan dan belanja pegawai dimana apabila belanja pembangunan lebih besar dari belanja pegawai maka penerimaan CPNS tetap bisa dibuka," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah mengajukan usulan formasi CPNS kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sehingga tinggal menunggu persetujuan atas usulan formasi tersebut.

Jika disetujui, kata dia, pihaknya akan melaksanakan seleksi penerimaan CPNS jalur umum dengan jumlah formasi yang sudah disetujui dan pelaksanaannya sesuai petunjuk Kemen PAN dan Reformasi Birokrasi.

"Jumlah formasi CPNS yang kami usulkan hanya sebanyak 20 formasi terdiri dari formasi tenaga pendidikan 4 orang, tenaga teknis 9 orang dan tenaga kesehatan formasi dokter spesialis sebanyak 7 orang," sebutnya.

Jumlah formasi itu jauh lebih sedikit dibanding formasi yang disediakan bagi calon pelamar selama dua tahun berturut-turut dimana pada 2009 dibuka 450 formasi dan 2010 lalu disiapkan sebanyak 200 formasi.

Disebutkan, formasi yang disediakan terdiri dari tenaga pendidikan sebanyak 4 orang, tenaga kesehatan 9 orang dan tenaga kesehatan yang seluruhnya merupakan formasi dokter spesialis sebanyak 7 orang.

Dijelaskan, sedikitnya jumlah formasi yang sudah diusulkan karena sudah terpenuhinya pegawai dilingkup pemerintahan setempat disamping pengadaannya sesuai dengan jumlah formasi yang dibutuhkan.

"Formasi yang disediakan untuk mengisi posisi yang benar-benar dibutuhkan satuan kerja perangkat daerah sehingga tidak berdampak terhadap membengkaknya anggaran belanja pegawai," ujarnya.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Banjarbaru Thalmi Hasani mengatakan, komposisi keuangan daerah antara belanja pegawai dan belanja pembangunan hampir berimbang.

"Persentase belanja pegawai mencapai 49,40 persen dan belanja pembangunan sebesar 50,60 persen sehingga posisinya hampir berimbang dan melihat kondisi itu penerimaan CPNS tetap bisa dibuka," katanya./zal*C

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011