Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan menggelar apel siaga pengawasan selama masa tenang hingga pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu serentak, yang diikuti anggota pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) dan dihadiri staf ahli bidang pemerintahan, Forkopimda.

Ketua Bawaslu Kotabaru Rony Syafransyah, mengajak semua elemn masyarakat untuk menjaga masa tenang sampai hari pemungutan dan penghitungan suara steril dari aktivitas segala bentuk kampanye.

"Para peserta pemilu telah diberikan kesempatan untuk berkampanye sejak 28 November 2023, oleh ketentuan peraturan perundang-undangan 75 hari dianggap cukup bagi peserta Pemilu, untuk meyakinkan pemilih dengan beragam metode kampanye yang telah diatur," kata Ketua Bawaslu, melalusi siaran pers, di Kotabaru, (11/02/2024).

Dikatakan, Bawaslu Kotabaru beserta jajarannya sampai tingkat bawah siaga penuh untuk menjaga masa tenang dan pemungutan serta penghitungan suara melalui kerja pengawasan pencegahan dan penindakan.

Wakapolres Kotabaru, Kompol Agus Rusdi Sukandar, mengatakan, pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 akan banyak tantangan yang dihadapi mulai skala ringan, sedang hingga besar.

"Besar harapan saya agar semua mendukung Bawaslu dalam rangka melakukan pengawasan dan pengawal pesta demokrasi yang saat ini sedang berlangsung di Indonesia pada umumnya dan khusus di Kotabaru," ujar dia.

Kepala Kejaksaan Negeri Kotabaru Muhammad Fadlan, mengatakan, bahwa pemilu damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tataran individu. 

"Pemerintah sendiri senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas,ketertiban dan keamanan selama penyelenggaraan," kata dia.

Ia mengajak untuk memastikan bahwa Pemilu damai tidak semata mata dimaknai sebagai slogan,melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan pemilu.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda Kotabaru Zaenal Arifin, mengatakan, Pemkab Kotabaru mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bawaslu telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Pemilu serentak tahun 2024 merupakan pesta demokrasi yang akan menjadi tonggak sejarah bagi bangsa indonesia kerena dilaksanakan secara serentak dalam waktu yang bersamaan. 

Sinergi bersama berbagai stakeholder beserta seluruh lapisan masyarakat merupakan hal penting guna menciptakan suasana damai dan kondusif di kabupaten kotabaru.

Saya mengharapkan nantinya pemilu serentak pada tanggal 14 februari 2024 berjalan dengan aman, jujur, adil dan damai sesuai dengan harapan semua pihak. Dengan persiapan yang matang dan upaya pengawasan yang intensif.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024