Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) berawan pada Senin pagi berlaku mulai pukul 08.00 Wita.

Kondisi berawan ini diprediksi untuk Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Banjar, Kotabaru, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Tanah Bumbu.

Sementara, untuk Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Balangan, Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Tabalong berpotensi cerah di pagi hari.

Baca juga: Waspada hujan wilayah Kalsel pada Sabtu siang

Pada siang hari, BMKG memprediksikan bakal terjadi hujan petir di sebagian wilayah Kalsel, sebagian lainnya hujan ringan dan Kabupaten Tapin berpotensi hujan lebat, dengan suhu rata-rata dari 24 hingga 32 Celcius.

BMKG juga mengeluarkan peringatan kepada warga agar waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang atau sore hari.

Peringatan tersebut ditujukan bagi warga yang berdomisili di Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tapin, Barito Kuala, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan sekitarnya.

Baca juga: Waspada hujan lebat disertai petir di seluruh wilayah Kalsel

Selain prakiraan cuaca, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait informasi prakiraan gelombang, menghimbau waspada untuk kapal nelayan, tongkat dan kapal ferry.

Kewaspadaan ini mengingat potensi gelombang tinggi mencapai 2,5 hingga 4 meter di Perairan Selatan Kalimantan (Laut Jawa).

Cuaca di Kalsel bisa disimak di sini

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024