Balangan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura, Perikanan dan Peternakan (PTPHPP) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, berharap petani bisa memulai tanam serentak.

Kepala Dinas PTPHPP Balangan, Ir Tuhalus mengungkapkan, dengan kemudahan yang sudah dimiliki oleh para petani, yaitu berbagai alat pertanian, petani bisa melakukan tanam serentak dengan segera.

Dikatakan Tuhalus, hal ini guna mengefisiensikan peralatan pertanian serta mencegah penyebaran hama pertanian.

"Kita harap petani bisa melakukan tanam serentak, sehingga alat pertanian bisa berfungsi maksimal dan efesien karena pengerjaannya berbarengan atau serentak. Selain itu penyebaran hama akan minimalis, karena jika bergiliran, maka hama pun akan bergiliran menyerang pertanian warga," jelasnya.

Senada, Kabid Pertanian setempat, Mochtar Hadi menjelaskan, sejauh ini hama yang paling sering menyerang pertanian warga adalah hama tikus.

Dengan tanam serentak, lanjut Mochtar Hadi, kegiatan hama akan menjadi terpecah, sehingga ratusan bahkan ribuan tikus itu tidak menyerang satu lahan, namun terbagi-bagi.

"Jika tanam serentak, kita bisa melakukan minimalisir kerusakan oleh hama, dan penanggulangannya pun bisa kita lakukan serentak, sehingga kerusakan padi bisa kita minimalisir semaksimal mungkin," ujarnya.

Memang sebut Mochtar Hadi, selama ini kesusahan Dinas PTPHPP adalah menyuruh warga agar melakukan tanam serentak, dikarenakan hal ini tidak bisa dipaksakan kepada pemilik lahan.

"Kita hanya bisa mengimbau kepada mereka serta memberikan penjelasan agar bisa melaksanakan tanam serentak, selebihnya kemauan dan kesadaran mereka sendiri untuk melaksanakannya," katanya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016