Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah kembali membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kecamatan Padang Batung, Tahun Anggaran 2025.

"Di Kecamatan Padang Batung telah kita telah melaksanakan Musrenbang dari tingkat desa, mengumpulkan usulan masyarakat yang juga sudah diinput di aplikasi Si Cantik,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Camat Padang Batung Ahmad Busairi, mengutip pers release Diskominfo HSS, Padang Batung, Rabu.

Dijelaskan Busairi, pihaknya sudah menyepakati ada daftar panjang sebanyak 168 urusan, dan juga kemudian disepakati ada 35 daftar pendek atau usulan prioritas, di Kecamatan Padang Batung.

Baca juga: Pj Bupati ingatkan musrenbang fokus capai keseimbangan dan kesepakatan bersama

Dari 34 usulan ini ada terdapat 17 usulan dari masing-masing satu desa, terdapat satu usulan yang sama seperti kegiatan pelatihan mekanik alat berat untuk warga di Kecamatan Padang Batung.

"Sebagaimana kita ketahui Kecamatan Padang Batung merupakan salah satu kecamatan yang menjadi wilayah pertambangan di HSS, sehingga diharapkan pendanaan pelatihan dapat bersumber dari APBD ataupun CSR," ujarnya.

Pj Bupati HSS Hermansyah, mengatakan Musrenbang Kecamatan Padang Batung menjadi yang terakhir dilaksanakan tingkat Kecamatan untuk Tahun Anggaran 2025.

Menurut Hermansyah, banyak usulan strategis yang sudah disampaikan, baik itu dari masyarakat maupun dari pemerintah desa.

"Dan ini nanti akan kita sinkronkan dengan secara teknokratif dengan usulan dari pemerintah kabupaten, jadi akhirnya nanti kita tandingkan ini kemudian akan kita bahas di forum yang lebih tinggi lagi, dan yang skala prioritas akan kita tuangkan,” terangnya.

Baca juga: Ketua DPRD HSS siap perjuangkan usulan musrenbang Kecamatan Angkinang

Lebih lanjut, Hermansyah menyampaikan bahwa salah satu dari beberapa usulan yang masuk dari kecamatan, tetap akan dibahas nantinya walaupun pembangunan tidak bisa difokuskan hanya pada satu kecamatan.

Serta, banyak yang belum mendapatkan perhatian cukup, maka dari itu Pemerintah Provinsi Kalsel telah meminta pihaknya untuk menyiapkan beberapa hal, seperti menyiapkan lahan untuk rencana pengembangan.

Turut hadir, Ketua DPRD HSS, para kepala OPD terkait, Anggota DPRD HSS Dapil II, serta para ketua APDESI Se-kecamatan Padang Batung.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024