Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali meraih penghargaan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2022, dalam rangkaian peringatan hari HAM sedunia ke-75 tahun 2023, di Banjarbaru.

Penyerahan penghargaan diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) Roy Rizali Anwar didampingi Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Faisol Ali, kepada  Sekda HSS Muhammad Noor.

"Kita bersyukur serta memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh jajaran Pemkab HSS, terutama Bagian Hukum Setda," kata sekda didampingi Kabag Hukum Setda HSS Fitri, dalam keterangan, Jum'at.

Baca juga: Pemkab HSS raih dua penghargaan Kementerian PPPA RI

Dijelaskan sekda, bagian hukum telah mendukung pemerintah daerah, sehingga menghasilkan penghargaan yang telah diraih sebanyak 10 kali tersebut.

Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemkab HSS dalam terus memastikan penyelenggaraan HAM berjalan dengan baik.

"Tentunya raihan ini tidak berhenti sampai disini, akan terus kita lakukan peningkatan terkait dengan HAM di HSS," ujarnya.

Ia juga mengatakan HSS dapat mempertahankan penghargaan ini menjadi daerah yang selalu peduli terhadap implementasi HAM.

Serta, hanya perlu sedikit point lagi untuk mencapai raihan tingkat nasional, yang mana menjadi target yang bisa dicapai pada tahun depan.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Faisol Ali,  mengatakan Kabupaten HSS dinilai berhasil mengimplementasikan kebijakan dan program, berfokus perlindungan dan penghormatan terhadap HAM.

Baca juga: HSS raih nilai tertinggi kepatuhan layanan publik di Kalsel

"Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi pemerintah pusat kepada pemda, terhadap pelaksanaan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM sesuai dengan kriteria yang ditetapkan," bebernya.

Menurut dia, pemerintah mempunyai kewajiban dan tanggung jawab dalam penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan HAM, sebagai tindak lanjut program Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM).

Selain penyerahan penghargaan, kegiatan dirangkai pengukuhan Gugus Tegas Daerah Bisnis dan HAM Kalsel, yang dikukuhkan Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024