Penjabat Bupati Tapin Provinsi Kalimantan Selatan Syarifuddin mengatakan saat keliling desa menggunakan trail bersama jajaran ditemukan sejumlah jalan rusak yang berpotensi menghambat laju mobilitas orang dan barang

"Melihat infrastruktur terutama jalan, yang mana masih belum lancar, akan langsung kita koordinasikan," ujarnya di Rantau, Kamis.
 

Baca juga: Pj Bupati Tapin upayakan sambung jalan kabupaten ke ruas nasional Margasari

Syarifuddin mengatakan sejumlah jalan rusak ini juga telah dilihat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), maka akan segera ditindaklanjuti.

"Sebenar lagi juga akan ada Musrenbang, semoga sejumlah jalan rusak ini bisa segera ditangani," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Tapin lirik wisata Danau Desa Suato Lama

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Tapin Rizkanoor mengatakan sepanjang jalan saat jelajah di Kecamatan Salam Babaris dan Kecamatan Hatungun ada ruas jalan kabupaten yang mengalami rusak berat.

"Ada jalan yang berada di Kecamatan Hatungun ini mengalami rusak berat," ujarnya. 

Rombongan Pj Bupati Tapin melintas di jalan rusak yang berada di Desa Tarungin, Kecamatan Hatungun, Kamis (25/1/2024). ANTARA/Muhammad Fauzi Fadilah

 

Jalan yang dimaksud ini terhitung dari wilayah kantor Kecamatan Hatungun sampai ke Desa Tarungin, panjangnya sekitar lima kilometer.

"Akan segera kita koordinasikan dengan bidang terkait. Untuk kerusakan kecil seperti lubang nanti kita akan inventarisasi secara menyeluruh agar segera dilakukan perawatan," ungkapnya.

Baca juga: Pj Bupati Tapin bagikan beras tekan kemiskinan saat keliling desa naik trail
 

Ruas ini menghubungkan dua desa di hulu yakni Desa Asam Randah dan Desa Bagak, jumlah penduduknya sekitar 3.000 orang.

Sementara itu, Camat Hatungun Slamet Surianto mengatakan ruas jalan ini adalah akses masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi dan sosial, aktivitas yang cukup ramai.

"Hasil bumi yang diangkut yakni karet, padi, kacang, jahe, kopi hingga pisang," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Tapin bagikan ratusan bibit cabai saat naik trail keliling desa

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024