Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menerima penghargaan Sapta Pesona dari pemerintah provinsi, dengan toilet objek wisata terbersih periode 2016.


"Penghargaan tersebut diberikan setelah sebelumnya kami mengikuti lomba Sapta Pesona se-Kalimantan Selatan," kata Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Tanah Bumbu M Thaha, di Batulicin, Selasa.

Dari hasil lomba tersebut berdasarkan penilaian tim juri, maka objek Wisata Pantai Angsana dinyatakan sebagai yang terbaik dengan toilet terbersih dan modern.

Dari sekian banyak objek wisata di Kalimantan Selatan khususnya dalam hal fasilitas kebersihan toilet maka objek wisata Pantai Angsana menjadi yang terbaik.

Menurut Thaha, terpilihnya objek Wisata Angsana mendapatkan penghargaan dengan toilet terbersih di Kalsel karena sejumlah fasilitas dan kebersihannya yang selalu terjaga.

Ada sepuluh toilet di objek wisata Pantai Angsana yang toiletnya sangat bersih dan ramah dengan pengunjung atau wisatawan.

Toilet di objek wisata pantai Angsana telah menerapkan sistem Septic Tank Biofil. Di mana dengan sistem tersebut, maka sisa-sisa makanan hasil pembuangan dari pengunjung akan terserap dan tersaring dengan cepat sehingga tidak meninggalkan bau.

"Air yang keluar dari biofil sudah ramah lingkungan dan tidak mencemari air tanah sekitarnya," tuturnya.

Selain itu fasilitas pendukung lainnya yang ada di Objek Wisata Angsana terdapat Ruang Pemandian, Mushola dan tempat sampah untuk kenyamanan pengunjung yang cukup bersih dan nyaman.

Objek Wisata Pantai Angsana merupakan objek wisata unggulan di Kabupaten Tanah Bumbu yang memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga kenyamanan pengunjung sangat diperhatikan.

"Selain menerima penghargaan Sapta Pesona Toilet Bersih periode 2016. Tanah Bumbu juga meraih Juara tiga rumah makan terbaik dalam rangka penerapan Sapta Pesona, aman, tertib, sejuk, indah, ramah tamah yang di terima oleh rumah makan Papaben," paparnya

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016