Khatib Ustadz Marzuki dalam khutbahnya mengingatkan kaum Muslim agar jangan terlalu menuntut keinginan hawa karena bisa berakibat fatal, baik di dunia maupun alam akhirat kelak.

"Bahkan tidak jarang orang yang terlalu mengikuti hawa nafsu meninggalkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT ," ujarnya di Masjid Jami' Al Hudaibiah Jalan Manggis Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia, hawa nafsu merupakan ujian seseorang Muslim dalam memelihara keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Oleh karenanya saat mengawali khutbah, khatib muda tersebut mengajak kaum Muslim untuk selalu menjaga, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya yaitu melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Nya.

"Selain itu, sepatunya bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang tidak kita nikmati. Karena setiap saat tidak terlepas dari karunia serta limpahan kasih sayang Allah," tegas Khatib Marzuki.

Dalam kesempatan itu khatib mengutip Hadits Rasulullah Muhammad Saw yang menyatakan, bahwa pada masa mendatang akan ada umatnya mencintai dunia dan lupa akhirat.

"Kemudian cinta harta, tapi lupa memperhitungkannya, serta membuat dosa tetapi tidak mau bertaubat," kuitp khatib dalam khutbah pertama berdurasi lebih kurang lima menit itu.

"Semua fenomena yang melupakan ketentuan Allah dan Rasulullah Saw ingatksn tersebut bisa membawa seseorang ke jurang kebinasaan," demikian Ustadz Marzuki.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024