Satuan Samapta Polresta Banjarmasin jajaran Polda Kalimantan Selatan menggelar patroli cipta kondisi guna menangkal potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Kami terus melakukan patroli cipta kondisi untuk menjaga wilayah ini agar tetap kondusif," ucap Kasi Humas Polresta Banjarmasin Ipda Airin Indria Sari Noya di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin pantau pelipatan surat suara pemilu

Dia mengatakan patroli ini merupakan bagian dari upaya pencegahan tindak kriminal dan mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas pada tengah malam di wilayah hukum Polresta Banjarmasin.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari pukul 23.00 WITA hingga selesai dan menyisir seluruh wilayah Kota Banjarmasin terutama di titik rawan terjadi tindak kriminalitas.

Airin terus mengatakan patroli cipta kondisi dilakukan pada Minggu Malam yang dipimpin langsung Kasat Samapta Polresta Banjarmasin Kompol Adenan.

Dalam kegiatan tersebut, tim patroli mengamankan sembilan remaja dalam kondisi mabuk minuman oplosan yang saat itu berada di kawasan Jalan Dharma Praja Kecamatan Banjarmasin Timur.

Baca juga: Polresta Banjarmasin pastikan kesiapan sarana pengamanan Pemilu 2024

Petugas meminta para remaja untuk menunjukkan identitas dan menjelaskan tujuan berkumpul pada tengah malam itu.

Setelah dilakukan pemeriksaan identitas, sembilan remaja yang tengah berkumpul tanpa tujuan yang jelas tidak memiliki kartu Tanda Penduduk (KTP).

Selanjutnya, para remaja tersebut dibawa ke Polresta untuk dilakukan pembinaan dan pemanggilan para orang tua dari remaja tersebut.

"Kami mengimbau kepada para remaja hindari berkumpul pada malam hari tanpa tujuan yang jelas dan jangan sampai meminum minuman keras, karena banyak tindak kriminalitas diawali dengan minuman keras," tegas Kasi Humas Polresta Banjarmasin.

Diketahui, Samapta Polresta Banjarmasin berpatroli di Jalan A.Yani Kota Banjarmasin, Jalan Pramuka, Jalan Veteran, Jalan Kampung Melayu,  Jalan Pasar Lama, Jalan Jendral Sudirman, dan Jalan Lambung Mangkurat.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin laporkan situasi kamtibmas terkini saat coffee morning bersama Kapolda

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024