Bandung, (Antaranews Kalsel) - Kontingen Kalimantan Selatan mendapatkan medali emas ketiga yang disumbangkan Nastrusnicu Roxana Andrea dari gulat pada Pekan Olahraga Nasional XIX 2016 Jawa Barat.

Atlet naturalisasi yang memiliki nama Indonesia Rahma Syufia itu berhasil merebut juara di kelas 75 Kg atas atlet Jawa Barat Nirmala  di GOR Saparua, Kota Bandung, Selasa.

"Saya sangat gembira bisa menyumbangkan emas, ini merupakan prestasi pertama saya di tingkat nasional," ujar wanita kelahiran Rumania itu pada akhir pertandingan.

Pelatih kepala cabang olahraga gulat Kalsel Sumanto mengungkapkan Roxana menang mutlak terhadap lawannya itu, demikian pula saat penyisihan hingga ke final.

Menurut dia, Roxana memang ditarget bisa menyumbang medali emas, dan itu dapat dia buktikan dengan baik.

"Jadi target kami mendapat enam medali tinggal setengah lagi, kami yakin bisa mencapainya dengan atlet yang masih tersisa," ujarnya.

Sebenarnya, ujar Sumanto, medali emas keempat sempat mau didapatkan dengan masuk finalnya M Fuad yang turun di kelas 65 Kg gaya bebas.

Tapi sayang, ucapnya, langkah Fuad dapat dipatahkan atlet gulat provinsi Banten Hakiki hingga Fuad harus puas dengan medali perak.

Sampai saat ini, perolehan medali untuk kontingen Kalsel sudah sebanyak 26 medali, delapan medali emas, tujuh perak dan sebelas medali perunggu.

Pada PON XIX di Jawa Barat ini Kalsel menurunkan sebanyak 226 atlet di 36 cabang olahraga yang diikuti, dengan target 18 medali emas./f

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016