Tanjung (Antaranews Kalsel) - Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan menanam 250 pohon penghijauan di sepanjang jalan kabupaten sebagai bagian dari Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau.


Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Tabalong Syaiful Bakhri, di Tanjung, Selasa, mengatakan pohon penghijauan jenis trembesi dan sengon yang ditanam merupakan bantuan dari PT Adaro Indonesia.

"Penanaman pohon penghijauan sudah kami lakukan sepanjang jalan Ir PHM Noor hingga Maburai, termasuk di sekitar Islamic Center dan dalam rangka menghijaukan Kota Tanjung," ujar Syaiful pula.

Selanjutnya Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau ini akan dicanangkan pada 10 Oktober 2016 di Terminal Mabuun Kecamatan Murung Pudak dengan salah satu kegiatan penanaman pohon serta mempercantik fasilitas umum.

Asisten Manager Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Zuraida Saputri mengatakan dalam pencanangan Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau itu, juga akan mengukuhkan Komite Gerakan serta pelopor lingkungan tingkat desa.

"Rangkaian kegiatan pencanangan nantinya diharapkan bisa menerapkan konsep 3R, di antaranya mengurangi sampah plastik, kemasan maupun kertas melalui gerakan bersih-bersih serentak," ujar Zuraida lagi.

Fasilitas umum yang menjadi sasaran gerakan ini di antaranya Pasar Tanjung, Terminal Mabuun, Islamic Center, Taman Giat Tanjung, dan RSUD H Badaruddin Tanjung.

Zuraida menambahkan impelementasi gerakan ini di antaranya membentuk desa bersih dan hijau dengan mencetak lima pelopor lingkungan di tingkat desa.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016