Pemerintah dan relawan di Kabupaten Tapin menyatakan siap untuk melayani jamaah haul KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul yang melintas dari arah Kalimantan Timur menuju Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengatakan acara haul ke 19 seorang ulama kharismatik pada Januari ini dipastikan bakal menarik jutaan orang, maka dari itu pihaknya berpartisipasi melancarkan acara.

"Kita di Tapin menyiapkan rest area untuk melayani jamaah yang datang dari arah Kalimantan Timur dan lain-lain nya," ujarnya usai rapat koordinasi dengan Relawan Tapin Sekumpul di Rantau, Selasa.

Syarifuddin mengatakan dari Pemkab Tapin akan membuka dua "rest area" yang melayani makan minum gratis hingga tempat istirahat untuk jamaah.

Selain itu, ia mengatakan sudah menginstruksikan seluruh Puskesmas di perlintasan Trans Kalimantan untuk bersiap 24 jam apabila ada jamaah yang memerlukan layanan kesehatan.

"Puskesmas berjaga untuk pertolongan pertama apabila ada kecelakaan atau ada jamaah yang sakit. Terus, apabila ada yang urgent kita teruskan ke rumah sakit," ujarnya.

Sementara itu, Relawan Tapin Sekumpul mendata ada 33 rest area akan dibangun masyarakat dengan fasilitas dan layanan yang telah ditentukan.

"Kita bangun juga posko induk di Bungur untuk mengkoordinir semua relawan," ungkap Koordinator Relawan Tapin Sekumpul Yose Rahman.

Yose mengatakan untuk melancarkan kegiatan haul ini di Tapin terdata ada lebih 1.000 relawan yang telah bergabung.

Baca juga: Tapin Siapkan Delapan Rest Area menghadapi Haul Sekumpul
Baca juga: Sekda Tapin : Boleh laksanakan haul Guru Sekumpul asal taat prokes
Baca juga: Bupati Tapin Hadiri Puncak Haul ke 14 Guru Sekumpul

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024