Bandung, (Antaranews Kalsel) - Kontingen Provinsi Kalimantan Selatan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat 2016 hingga kini telah mengumpulkan sebanyak 18 medali dari berbagai cabang olah raga yang telah dipertandingkan.

Wakil Ketua KONI Kalsel Drs H Muhammad Wilny, Sabtu mengatakan, sebanyak 18 medali itu dengan rincian, enam medali emas, enam medali perak dan enam medali perunggu.

"Jumlah tersebut merupakan  total medali yang kita dapatkan hingga Jumat (23/9)," katanya.

Perolehan medali tersebut, tambah dia, membuat posisi Kalsel  kini berada di urutan 11 di bawah Kalimantan Timur (Kaltim) yang lebih banyak mengumpulkan medali perak dan perunggu.

"Kalau medali emas peroleh mereka (Kaltim) masih sama dengan Kalsel sebanyak enam," katanya.

Adapun perolehan emas yang didapat Kalsel hingga kini disumbang sebanyak empat dari cabang olahraga menembak, sisanya masing-masing satu medali emas disumbang gulat dan loncat indah.

Adapun enan medali perak disumbang dari cabang olahraga menembak sebanyak tiga medali dan masing-masing satu diberikan loncat indah, biliar dan wushu.

Sedangkan untuk enam medali perunggu disumbang cabang olahraga menembak,sebanyak tiga medali dan masing satu diberikan loncat indah, binaraga dan selam.

Sebagaimana diketahui, Kalsel menurunkan sebanyak 226 atlet dari 36 cabang, di mana target awalnya mendapatkan sebanyak 18 medali emas.

Pewarta: sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016