Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Pasangan Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan Abdul Wahid dan Husairi Abdi sebagai calon petahana mendapat dukungan dari enam partai politik yang memiliki 23 kursi di DPRD setempat, yakni Partai Golkar, PBB, Demokrat, PKS, Hanura dan PPP versi Romahurmuziy.


Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sempat menunda pengesahan dukungan PPP Versi Romahurmuziy pada saat pendaftaran Wahid-Husairi di KPUD, Jum'at.

"Surat dukungan yang dilampirkan berupa hasil scan dari surat asli, padahal verifikasi KPUD terhadap berkas pendaftan bakal calon bersifat faktual, sehingga secara administratif pengesahan dukungan PPP versi Romahurmuziy terpaksa ditunda hingga berkas surat yang asli diserahkan," ujar Ketua KPUD HSU Ahmad Syarwani.

Ahmad Syarwani mengatakan, batas waktu penyerahan surat asli dukungan PPP tersebut hingga pukul 24.00 wita pada tanggal 23 September 2016 yang merupakan hari terakhir pendaftaran pasangan calon untuk Pilkada 2017.

Namun Ketua DPD PPP HSU Suwardi Sarlan menjamin bahwa surat resmi yang asli sedang dibawa dalam perjalanan menuju Ke Kabupaten HSU dan dipastikan diserahkan sebelum batas waktu pendaftaran ditutup.

Komisoner KPUD Husnul Fajeri mengatakan setelah diverifikasi berkas pendaftaran pasangan Wahid-Husairi sudah memenuhi syarat dan diterima KPUD HSU, namun secara administratif pengesahan dukungan PPP versi Rimahurmuziy tetap masih menunggu penyerahan surat resmi yang asli untuk diverifikasi.

Wahid mengatakan, pencalonan kembali dirinya bersama Husairi Abdi bermaksud menuntaskan program kerja pemerintahan untuk periode 2017-2022 mendatang.

"Kami berterima kasih karena selama lima tahun kepemimpinan mendapat dukungan dari masyarakat," katanya.

Ia juga memohon ma'af karena tidak semua tuntutan dan aspirasi masyarakat bisa dipenuhi dalam masa lima tahun kepemimpinannya.

Pihak KPUD memastikan, berdasarkan jumlah parpol yang sudah memberikan dukungan, maka hanya ada dua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati HSU yang akan bertarung pada Pilkada HSU 2017, yakni pasangan Mukhsin Haitta dan Hasib Salim yang sudah mendaftarkan diri pada hari pertama pendaftaran dan diusung sebanyak empat parpol yang memiliki 11 kursi di DPRD HSU dan pasangan Abdul Wahid -Husairi Abdi yang diusung enam parpol yang memiliki 24 kursi.


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016