Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan berjanji akan mengawal pengiriman sampel untuk pemeriksaan bebas narkoba pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung pada Pilkada 2017.

Komisioner KPUD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Husnul Fajeri di Amuntai, Kamis mengatakan, beberapa komisioner KPUD HSU akan turut serta mengawal pengiriman sampel dari RSUD Ulin Banjarmasin ke Komisi Narkotika Nasional (BNN) di Jakarta.

"Setelah pengambilan sampel berupa urin, darah dan rambut dari masing-masing pasangan calon, maka saya sendiri akan turut serta mengawal sampel ke BNN untuk diperiksa," ujar Husnul.

Husnul mengatakan, cek pemeriksaan kesehatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati HSU dijadwalkan 24-26 September di RSUD Ulin Banjarmasin, termasuk pengambilan sampel urin, darah dan rambut.

Ia mengatakan, cek kesehatan pasangan calon (Paslon) bertambah materinya dibanding cek kesehatan Paslon pada Pilkada sebelumnya. Materi pemeriksaan bertambah untuk cek psikologi dan bebas narkoba.

Khusus untuk tes psikologi akan ditangani tim cek kesehatan dari Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) Kalimantan Selatan, sedang pemeriksaan sampel urin, darah dan rambut oleh BNN di Jakarta.

"Khusus untuk medical record cek up (MRC) berupa scan seluruh tubuh menggunakan standar sebagaimana dilakukan pada Paslon Presiden dan Wakil Presiden RI," terangnya.

Dijadwalkan untuk pengambilan sampel urin, darah dan rambut serta tes psikologis akan dilakukan Sabtu 24 September di RSUD Ulin, sedangkan MRC dilaksanakan Senin.

Sebelum cek kesehatan, Paslon diminta berpuasa pada Hari Jum,at dan Minggu. Rencananya Selasa sudah diperoleh hasil pemeriksaan kesehatan yang akan menentukan penetapan Paslon Oktober mendatang.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016