Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru Kalimantan Selatan terus melakukan maintenance (pemeliharaan) Penerangan Jalan Umum (PJU) dan lampu hias di beberapa titik di daerah perkotaan.

"Pemeliharaan rutin lampu hias untuk tetap menyajikan keindahan kota pada malam hari," kata Kabid Sumber Daya Air dan Penyehatan Lingkungan, Hasbiyanta di Kotabaru, Rabu.

Hasbi menerangkan, pemeliharaan lampu hias di kawasan Simpang Empat Baharu, Simpang Empat pasar Limbur Raya dan Simpang Empat Irama merupakan kegiatan rutin bulanan.

Ia mengakui pihaknya terus melakukan pantauan dan pemeliharaan terhadap lampu dekorasi atau lampu hias di dalam perkotaaan,

Pengerjaan meliputi pergantian lampu yang mati, penyambungan line lampu hias dan Penerangan Jalan Umum (PJU) dan penanganan korsleting serta penggantian aksesoris aksesoris bermasalah yang ada di dalam Box kwh serta perkuatan pada kabel ties atau pengikat yang sudah lapuk.

Kabid tersebut menyebutkan karena barang elektronik, maka tingkat keawetannya pun beragam. Padahal lampu PJU dan dekorasi yang dipasang di seluruh titik Kota memiliki kualitas yang bagus.

“Walaupun kondisinya bagus, kadang ada yang konslet, ada yang mati. Rata-rata lampu LED itu normalnya mampu bertahan 1-2 tahun, tapi kadang ada juga yang sebelum 2 tahun sudah mati, ya itu yang segera kita ganti,” demikian Hasbiyanta.

 

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Qomarudin

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023