Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menyambut baik PT Pelindo III mengembangkan usaha dengan menjadikan pusat pelayanan kepelabuhanan di Mekar Putih dan Pengerukan Alur Teluk Kemuning Kotabaru.


Ketua Komisi II DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis di Kotabaru, Rabu, mengatakan program pengembangan usaha PT Pelindo III di Kotabaru memasuki tahap pelaksanaan.

"Kami menyambut baik upaya tersebut, karena akan bersinergi dengan konsep pemerintah daerah yang menjadikan Mekar Putih bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)," kata Syairi usai melakukan kunjungan kerja ke PT Pelindo III.

Dia mengatakan dalam situasi menurunnya perekonomian secara umum dan berkurangnya kemampuan daerah akibat pengaruh dari penundaan Dana Alokasi Umum dari pemerintah pusat, masuknya investasi merupakan sesuatu langkah tepat.

Dia mengakui beroperasinya dua proyek pengembangan usaha Pelindo tersebut, akan berefek positif dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kotabaru.

Pemerintah Kabupatan Kotabaru meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang kepelabuhanan PT Pelindo III Surabaya untuk berinvestasi di Kotabaru guna mendukung terwujudnya KEK Mekar Putih.

Pemerintah daerah setempat menyatakan bersyukur dan terima kasih kepada Direksi PT Pelindo III yang berniat menanamkan modalnya di KEK Kotabaru itu.

Sekretaris Daerah Kotabaru Suriansyah mengatakan dengan investasi PT Pelindo III di Kotabaru, maka akan semakin mematangkan persiapan Kotabaru untuk membangun KEK Mekar Putih.

Pemkab Kotabaru serius dalam mewujudkan KEK Mekar Putih dan pemerintah daerah optimistis dengan terwujudnya KEK Kotabaru bisa menjadi kota yang berkembang dengan pesat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kotabaru Anshar Nur menjelaskan penetapan KEK di Kotabaru berawal dari Perayaan Hari Nusantara 2014.

Kala itu, Kabupaten Kotabaru menerima utusan dari Presiden Rebuplik Indonesia Joko Widodo yang mengetahui bahwa Kotabaru berpotensi sebagai KEK.

"Karena letak Kotabaru strategis di tengah-tengah wilayah Indonesia, masuk jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II wilayah Kotabaru juga terletak di jalur tol laut," ujarnya.

Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo III Rachmad Satria mengemukakan Kotabaru merupakan lokasi premium dan potensial untuk dikembangkan menjadi KEK.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016