Martapura (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menambah 141,5 hektare luas lahan pertanian sehingga ditargetkan mampu meningkatkan produktivitas pertanian di kabupaten setempat.


"Luas lahan pertanian bertambah sehingga diharapkan produktivitas hasil pertanian juga meningkat," ujar Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur di Kota Martapura, Rabu.

Ia mengatakan hal itu di sela tanam perdana serentak di lahan pertanian baru seluas 141,5 hektare di Desa Sungai Rangas dan Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat.

Dijelaskan, penambahan luas lahan pertanian pada dua desa itu diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pertanian Kabupaten Banjar yang sudah memiliki 65 ribu hektar lahan pertanian.

"Luas lahan pertanian yang meningkat akan menambah luas tanam sehingga dampaknya diharapkan bisa menambah produksi hasil pertanian terutama padi untuk konsumsi sendiri," ucapnya.

Menurut dia, keberhasilan dalam meningkatkan produksi pertanian yang dilakukan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Banjar tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak.

Disebutkan wabup, pihaknya secara khusus berterima kasih kepada jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1006/Martapura yang membantu mengolah lahan pertanian di kabupaten itu.

"Bantuan jajaran Kodim 1006/Mtp dalam meningkatkan produksi pertanian cukup besar terutama padi, jagung dan kedele sehingga produksi tiga komoditas itu diharapkan lebih banyak," ucapnya.

Komandan Kodim 1006/Mtp Letkol Inf Andi Murtopo�mengatakan, jajarannya siap membantu dan melayani masyarakat baik saat mencetak areal sawah baru maupun mengolah lahannya.

"Apa yang kami lakukan sebagai bagian dari sumbangsih dan bakti TNI membantu seluruh masyarakat terutama dalam upaya ikut berpera meningkatkan produksi pertanian," kata dia.

Dikatakan, pihaknya siap menurunkan personel membantu petani dalam upaya mengolah persawahan sehingga hasil pertanian lebih meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Intinya, kami berupaya membantu petani meningkatkan produksi pertanian sehingga bisa memenuhi kebutuhan daerah disamping memenuhi Kalsel secara keseluruhan," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016