Harga bawang merah di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan melesat naik sambut natal dan tahun baru (Nataru), sekarang tembus Rp45 ribu/kg. 

"Dibandingkan minggu lalu, kini bawang merah naik Rp10 ribu," ujar Kepala Dinas Perdagangan Tapin Sugian Noor kepada ANTARA di Rantau, Minggu.

Kepala Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan Birhasani mengatakan harga bawang merah di daerah Rantau, Kandangan, Amuntai, Barabai, Tanjung dan Balangan pada Jum'at, (23/12) sudah dikisaran Rp35 ribu-Rp37 ribu. 

"Bulan depan akan ada panen di Jawa Timur, setelah itu mungkin ada penurunan harga bawang merah," ujarnya dikonfirmasi.

Kedua pejabat pemerintah itu menyatakan hal yang sama, bahwa peningkatan harga disebabkan oleh tingginya permintaan bawang merah di masa Nataru. 

Hari ini, komoditas lain di Tapin yang juga mengalami kenaikan cukup besar diantara ; daging sapi /kg Rp145 ribu ke Rp 150 ribu dan daging ayam /kg Rp35 ribu ke Rp38 ribu. 

Sedangkan, bawang putih Rp25 ribu /kg, bawang bombay Rp30 ribu /kg, gula Rp14 ribu/kg, kacang tanah Rp28 ribu /kg dan kacang hijau Rp25 ribu. Komoditas ini rata-rata naik Rp1.000-Rp2.000 /kg. 

Berdasarkan data Dinas Perdagangan Tapin, untuk sementara kenaikan harga bawang merah menjadi yang tertinggi di pasaran. 
 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022