Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan Abdul Wahid mengatakan tingkat partisipasi masyarakat didaerahnya pada Pemilihan Kepala Daerah serentak 2017 diprediksi sebesar 73 persen.

"Partisipasi sebesar 73 persen tersebut cukup baik yang perlu kita jaga pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017," ujar Wahid di Amuntai, Selasa.

Wahid mengatakan, persentase partisipasi masyarakat pada Pilkada ini berdasarkan hasil survei atau kajian lembaga terkait penyelenggaraan Pilkada di Kalimantan Selatan.

Penghitungan persentase partisipasi ini, Kata Wahid, termasuk pula surat suara yang rusak akibat salah coblos dan sebagainya, sehingga diperoleh prediksi partisipasi sebesar 73 persen.

Ia menambahkan, meski penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) baru dilaksanakan pada 22 Oktober nanti, bisa dipastikan hanya ada dua pasang calon yang akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten HSU.

Dikatakan, pendaftaran calon dilaksanakan 21-23 September, Ia bersama Wakil Bupati Husairi Abdi sebagai calon incumbent akan mendaftar pada 23 September karena jadwal kegiatan dipemerintahan dua hari sebelumnya.

Komposisi dua pasang calon ini, kata Wahid, berpotensi konflik lebih besar jika dibanding tiga atau empat pasang calon, sehingga perlu diwaspadai dengan meningkatkan kebersamaan dan kekompakan.

Wahid berharap peran semua pihak untuk menjaga situasi yang kondusif agar pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati HSU terlaksana dengan sukses dan lancar.

"Tidak apa-apa jika kita berbeda pilihan, namun jangan sampai bermusuh-musuhan," katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016