Martapura (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, membentuk Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja PKP) untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap hunian layak dan terjangkau.

Pembentukan Pokja PKP dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Nasrun Syah usai rapat koordinasi yang dihadiri pejabat terkait di lingkup Pemkab Banjar di Martapura, Selasa.

"Tujuan rakor adalah meningkatkan akses masyarakat terhadap hunian yang layak dan terjangkau didukung sarana dan prasarana dasar permukiman  yang  memadai," ujarnya.

Dijelaskan, kebutuhan perumahan terutama di wilayah pedesaan meningkat setiap tahun seiring pertumbuhan jumlah penduduk dan kebijakan pemda untuk memperbaiki kesejahteraan masyarat

Disisi lain, pembangunan perumahan dan kawasan permukiman memerlukan pertimbangan yang matang, koordinasi serta sinergi dengan berbagai pihak yang saling terkait.

"Oleh karena itu, sangat diperlukan pembentukan pokja khusus sehingga pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman bisa terlaksana dengan baik dan tanpa masalah," ucapnya.

Menurut dia, pokja PKP merupakan instrumen pembangunan perumahan untuk mewujudkan sekaligus menjamin pemangku kepentingan dalam seluruh pembangunan bidang perumahan.

"Harapan kami, pokja PKP dibentuk di setiap jenjang wilayah hingga kecamatan agar program pembangunan bidang perumahan yang dilaksanakan pemda terwujud," ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar M Rusdi mengatakan, pihaknya siap mengkoordinir pokja PKP bersama dinas dan instansi terkait lainnya.

"Program pembangunan direncanakan pemerintah sehingga kami siap untuk mengkoordinir dan mengawal pokja agar hasil kerjanya sesuai keinginan bersama," katanya.*

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016