Barabai , (Antaranews Kalsel) - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Barabai menggelar Masa Perkenalan Calon anggota (Maperca) Kepada Mahasiswa Baru yang ada di Barabai.

Dari pantauan, terlihat 50 an peserta baik dari kampus STAI Al-Washliyah Barabai maupun STKIP memadati tempat berlangsungnya kegiatan di Aula Disdukcatpil kabupaten HST.

Menurut Panitia Pelaksana, Ahmad Baihaqi, Maperca merupakan gerbang awal mahasiswa baru untuk menjadi aktivis HMI, karena setelah itu mereka akan di training di forum Latihan Kader 1 (LK1) dengan diberi materi pengembangan-pengembangan kepribadian dan keimuan  seperti manajemen organisasi, kepemimpinan, teori-teori sosial, dan penguatan keislaman.

 
"Organisasi HMI adalah organisasi pengkaderan yang memberikan pengetahuan, dan pengalaman dalam berorganisasi, jadi organisasi kami lebih memfokuskan kepada bidang keilmuan bukan organisasi yang hura-hura berkumpul dan hiburan, makanya HMI kadanag disebut juga sebagai kampus ke 2 mahasiswa,"katanya.

Ketua Umum HMI Cabang Barabai, M Sanderi, saat membuka acara menyampaikan agar jangan pernah ragu dan berkecil hati untuk masuk menjadi kader HMI, sebab organisasi HMI adalah organisasi pengkaderan, yang memberikan kontribusi besar terhadap keberlangsungan masa depan bangsa ini.

 
"HMI yang berdiri sejak tahun 1947, kader-kadernya telah banyak berhasil dan mengisi ruang-ruang strategis, dan yang pasti semua itu berawal dari organisasi yang memberikan pengetahuan, pembelajaran dan karater jati diri," katanya.

Sehingga, tambah dia,  perlu diketahui bahwa kader-kader HMI sudah banyak yang berhasil menjadi pemimpin, sebagai contoh Wakil Presiden kita sekarang, itu merupakan kader HMI dan masih banyak lagi pejabat lainnya,” lanjutnya.

Pewarta: M Taufik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016