PT Bhumi Rantau Energi sukses menggelar turnamen U-14 yang melibatkan pelajar tingkat SMP pada momentum Hari Jadi Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan yang ke 58 tahun.

"Ada 50 orang (pesepakbola berbakat), harapan kita dari Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Tapin dan PSSI Tapin bisa merangkul itu. Mereka mungkin akan melakukan seleksi selanjutnya ya," ujar Mine Support Operasi Manager PT BRE Joko Wagiono di Rantau, Senin.

Baca juga: Ratusan pesepakbola ikuti seleksi Timnas U-17 di Kalsel

Joko mengungkapkan jenjang prestasi yang bisa didapatkan oleh para pemain muda yang berbakat tersebut yakni beasiswa Sekolah Olahraga Barito Putera (SOBP) yang di gawangi oleh Hasnur Group.

"Kalau yang prestasi, bibit-bibit berbakat di U14 ini kita ada yang namanya beasiswa," ungkapnya.

Harap Joko, upaya untuk mencetak generasi pesepakbola berbakat Indonesia tak berhenti bergerak sebatas usai turnamen di tingkat kabupaten.

"Mudah-mudahan tak putus sampai di sini, biasanya di Indonesia terkenal dengan yang under 19 tahun setelah itu habis. Jadi harapan kita pada U14 ini dibantu sampai tingkat senior," ujarnya.

Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Tapin Rahmadi mengungkapkan yang terpilih mendapatkan beasiswa SOPB bakal digembleng lagi di daerah agar lebih maksimal.

"Harapan kita nanti mengisi slot yang ada club Barito Putera Junior maupun Barito Putera Senior.  Karena kan kebanyakan pemain Barito Putera dari luar sedikit dari wilayah asal Kalimantan Selatan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tapin Eko mengungkapkan rasa terimakasih kepada PT BRE selaku inisiator sekaligus sponsor utama untuk turnamen U14 tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi turnamen BRE CUP yang ke lima ini, semoga tahun depan lebih meriah lagi," ungkapnya.

Sekedar info, pada kejuaraan tingkat pelajar ini tercatat sebagai juara satu yakni SMP Negeri Salam Babaris, selain memegang Piala BRE Cup bergilir para pemain juga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp10 juta.

Baca juga: PT BRE gelar turnamen U14 di Tapin untuk sepakbola Indonesia

Baca juga: Bupati Tapin ingin turnamen U-14 PT BRE jaring pesebakbola handal Kalsel

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023