PT Adaro Energy  Indonesia melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri bersama  Indonesia Heritage Foundation (IHF) mengajak para guru PAUD di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan dapat membangun komunikasi kepada siswa didik agar terwujud perubahan perilaku anak yang baik.

"Kita perlu melakukan refreshment dalam komitmen membangun komunikasi untuk  perubahan perilaku  anak dengan konsep diri yang baik," jelas perwakilan IHF Fida dalam kegiatan Refreshment Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) di TK Pembina Tanjung, Jumat.

Refreshment PHBK yang diikuti 17 PAUD binaan YABN ini bertajuk komunikasi efektif dan pengaliran pilar terintegrasi  di kegiatan belajar mengajar satuan PAUD

Di hadapan puluhan guru PAUD yang tergabung dalam Ikatan Guru Semai Benih Bangsa (IGSBB) Kabupaten 
 Tabalong Fida mengatakan langkah awal membentuk kedekatan guru dengan murid dengan rumus CUP (Cium Usal dan Peluk).

Kebiasaan positif ini diyakininya  bisa meresap di otak anak sehingga tumbuh kedekatan yang nantinya berdampak siswa didik lebih mudah patuh terhadap guru.

Ibarat spon ungkap Fida otak anak lebih mudah menyerap sesuatu  yang dilihat, didengar tanpa filter.

Tak heran jika ada seorang anak bisa bicara 'ajaib' padahal  tidak sesuai norma atau kaidah yang berlaku.

"Anak usia nol sampai 12 tahun perlu pengalaman positif karena bisa mempengaruhi kehidupannya  setelah dewasa salah satunya dalam ambil keputusan," tambah Fida.

Selanjutnya langkah awal bangun komunikasi dengan  memahami perasaan lawan bicara karena itu ajak anak didik memahami  perasaan setelah itu kelola perasaannya.

Anak PAUD punya kontrol emosi yang berkembang sangat  pesat namun kemampuan literasi dan numerasi masih rendah.

"Jadi  guru PAUD tugasnya mengajari  siswa didik untuk  kontrol emosinya bukan baca tulis," tegasnya.

Karena itu pada tenaga pendidik PAUD jangan minder dan harus percaya diri karena mereka punya kontribusi  menyiapkan generasi muda yang berkarakter.

Seperti harapan Erwina Nur Maharani perwakilan tim YABN program Adaro Nyalakan Ilmu bahwa PHBK satu upaya membentuk generasi baru yang berkarakter, beretika dan punya moral baik.
 
Perwakilan IHF Fida bersama peserta refreshment PHBK dari 17 PAUD binaan PT Adaro Energy Indonesia melalui YABN. (ANTARA/Herlina Lasmianti)
"Tak hanya berkarakter siswa juga mampu meraih prestasi yang baik melalui PHBK," jelas Erwina.

Dalam kegiatan ini hadir pula perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Ahmad Syamsi yang mengapresiasi adanya refreshment PHBK oleh YABN bersama IHF serta IGSBB Tabalong.

"Kegiatan ini sangat menunjang upaya peningkatan kualitas tenaga pendidikan PAUD di Taablong," ungkap Syamsi.

Selaku Ketua IGSBB Kabupaten Tabalong Yani mengatakan perlu adanya penyegaran ingatan di kalangan tenaga pendidik dalam rangka meningkatkan kualitas guru PAUD dengan metode PHBK.

"Ada 118 guru PAUD dari 17 sekolah binaan YABN yang mengikuti pelatihan ini," jelas Yani.(Adv)

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023