Sebanyak 10 pembalap trail internasional ikut menjajal kejuaraan International Uncle Hard Enduro 2023 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 17-19 November 2023.

“Ada 10 pembalap internasional dan 1.500 pembalap se-Indonesia mengikuti Uncle Hard Enduro 2023, olah raga trail ini terus mengalami peningkatan,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kalsel Muhammad Syarifuddin di Banjar, Kalsel, Minggu.

Baca juga: Pembalap enduro dunia akui keindahan alam Pegunungan Meratus

Ia menuturkan trek Uncle Hard Enduro 2023 memiliki jarak lima kilometer, tahun ini ada beberapa tambahan trek dibanding pelaksanaan tahun sebelumnya.

“Insya Allah kompetisi ini akan kita gelar setiap tahun, ini adalah momentum mengenalkan potensi pariwisata Kalimantan Selatan ke kancah nasional hingga mancanegara,” ucapnya.

Dia menyebutkan 10 pembalap internasional itu, yakni legenda Enduro Graham Peter Jarvis (Inggris), Matthew Ross Green (Afrika Selatan), Sonny Goggia (Italia), Dieter Rudolf (Austria), Maichel Walker (Austria), Alfredo Gomez Cantero (Spanyol), Sandra Gomez Cantero (Spanyol), Niko Mateo Piazza (Amerika Serikat), Teodor Smilenov K (Bulgaria), dan Wade Young (Afrika Selatan).

Baca juga: Teodor Kabakchiev Smilenov jawara Uncle Hard Enduro 2022 di Kiram Park, Kalsel

Syarifuddin menjelaskan kejuaraan balap itu telah membantu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar melalui kegiatan usaha mikro kecil dan menengah.

Ketua Panitia Pelaksana International Uncle Hard Enduro 2023 Ashadi Aboe berharap pembalap lokal dari Kalsel mampu meraih podium kedua atau podium ketiga.

“Kompetisi ini terlaksana dengan baik, penonton juga cukup antusias menonton aksi para pembalap lokal dan internasional,” ujar Ashadi.

Baca juga: Rider Australia berikan tontonan memukau aksi freestyle di "Uncle Hard Enduro" Kalsel

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023