Amuntai,(Antaranews.Kalsel) -Sekolah sehat di Kabupaten Hulu Sungai Utara  diminta bersiap-siap menghadapi penilaian Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang akan dilakukan penilaian pada 22 September mendatang.


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Anisah Rasyidah Wahid di Amuntai, Kamis mengatakan persiapan harus dilakukan sedetil mungkin karena jika tim penilai sampai melihat sedikit saja aspek yang kurang sehat akan berpengaruh pada penilaian keseluruhan.

"Jangan sampai tim penilai menemukan ada jentik nyamuk di bak penampungan air dilingkungan sekolah, meski hanya satu jentik sekalipun, karena akan menurunkan poin penilaian," ujar Anisah.

Anisah mengatakanm keberadaan jentik nyamuk atau pun lalat yang beterbangan dilingkungan sekolah menunjukan lingkungan sekolah masih kurang hiegienis dan menunjukan pula perhatian para guru dan siswa masih kurang menjaga kebersihan lingkungan.

Ia berharap dukungan SKPD terkait untuk membantu mempersiapkan sekolah yang ditunjuk mewakili HSU pada penilaian Lomba Sekolah Sehat tingkat provinsi, begitu pula dukungan dan peran orang tua dalam mendidik anak menjalani pola hidup bersih dan sehat.

Anisah berharap para orang tua juga mengerti mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sehingga bisa memelihara kebiasaan siswa dalam menjalani pola hidup bersih dan sehat sampai dilingkungan keluarga.

"Bila anak-anak lebih sering mandi atau membersihkan tangan dengan sabun, jangan dimarahi karena khawatir terjadi pemborosan sabun," kata Anisah.

Anisah yang melakukan pembinaan di TK pembina Kecamatan Banjang sekaligus meninjau kesiapan sekolah menghadapi penilaian lomba berharap para guru agar tidak menjadikan lomba ini sebagai tujuan utama dalam menerapkan PHBS.

"Tujuan kita adalah membudayakan PHBS bagi generasi muda, agar mereka kelak menjadi pelanjut estafet pembangunan yang sehat, cerdas dan berahlaqul karimah" tegasnya.

Tahun ini, terangnya, Kabupaten HSU akan diwakili TK Pembina Banjang, SDN Sungai Malang 4, SMP 3 Sungai Pandan dan SMAN 2 Amuntai pada Lomba UKS atau sekolah sehat, sedangkan untuk dokter kecil diwakili SDN Paliwara 1 dan KKN oleh SMP Alabio.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016