Warga Banjar di Indragiri Hilir, Riau, antusias menyambut Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin pada Malam Kesenian Aroh Ganal Kerukunan Bubuhan Banjar, di Lapangan Gajahmada Tembilahan, Jumat Malam.

Pada keterangan tertulis Biro Adminstrasi Pimpinan (Adpim) Provinsi Kalsel, kehadiran orang Nomor Satu di Kalsel itu di damping putranya,  Sandi Fitrian Noor, Stafsus Gubernur, Achmad Maulana, Taufik Arbain serta Guru Supian Al Banjari.

Turut hadir pada Aroh Ganal tersebut,  Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir, pimpinan Forkopimda serta sejumlah tokoh di Riau.

Paman Birin menyampaikan, kunjungan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan dan sebagai Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Sa-Dunia dirinya merasa senang dan bersyukur luar biasa bisa bertemu Kembali dengan warga Tembilahan.

“Ulun merasa senang dan syukur luar biasa kepada Allah SWT, malam ini bisa menjumpai dangsanak-dangsanak bubuhan Banjar yang tinggal di Tembilahan Indragiri Hilir. ditambah lagi juga kehadiran pengurus wilayah KBB se-Sumatera,” kata Paman Birin.

Menurut Paman Birin,  Tembilahan Indragiri Hilir sudah banyak perubahan dan mendoakan menjadi daerah yang semakin maju. Apalagi, bubuhan Banjar mau membantu pemerintah daerah untuk membangun dan menyakini pembangunan bisa ditingkatkan dengan harapan membawa kesejahteraan warga.

Paman Birin menegaskan, meskipun Tembilahan dan Kalsel terpisah ribuan kilometer jaraknya, namun persaudaraan dan silaturahmi harus tetap terjaga dengan baik antar bubuhan Banjar.

“Alhamdulilah, KBB menyatukan masyarakat Banjar yang terpecah-pecah di berbagai wilayah Indonesia, bahkan dunia. Kemana pun merantau sampai berapa lama, jangan lupakan identitas urang Banjar yang cangkal, katuju membantu urang dan menghormati paguruan,” pesan Paman Birin.
 
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menghadiri acara Malam Kesenian Aroh Ganal Kerukunan Bubuhan Banjar, di Lapangan Gajahmada Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau Jumat Malam (17/11/2023)

Paman Birin juga mengungkapkan, saat ini telah ada 14 provinsi yang sudah di kukuhkan KBB dan masih banyak yang ingin dikukuhkan. Termasuk di luar negeri seperti Malaysiaa, Singapura, Kuwait bahkan juga Amerika.

Pada kesempatan itu, Paman Birin menyampaikan Kalimantan Selatan merupakan pintu gerbang Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kalimantan Timur, Ia pun memohon dukungan bubuhan Banjar, agar Kalsel lebih maju dan bersinar.

“Sinarnya Banua, membuat Banua Bersinar. Peran aktif kita semua turut menyalahkan cahaya di bumi Kalsel Babussalam,” ungkap Paman Birin.

Dalam Malam Kesenian Aroh Ganal Kerukunan Bubuhan Banjar itu, Ketua KBB Riau, Syamsudin Uti atau Datuk Nata Wargalaksana.menyampaikan rasa bangga atas kehadiran Gubernur Kalsel Paman Birin.

“Terimakasih Paman Birin atas kehadirannya dan menjadi kebahagiaan kami semua. Semoga dalam perjalanan bubuhan Banjar ini berakatan-rakat, ruhui rahayu, berakatan semua,” kata Syamsudin Uti yang juga Wakil Bupati Indragiri Hilir ini.

Sementara itu, Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan menyebut keberadaan suku Banjar menjadi kearifan lokal dan budayanya menjadi tradisi di Inhil.

“Momentum aruh ganal ajal silaturahmi, tapi juga roda perekonomian. Selain pentukaran budaya, kedepan adanya investasi Inhil dan Provinsi Kalsel,” kata Muhammad Wardan.

Bupati Inhil ini juga menyampaikan terimakasih kepada Paman Birin yang datang dengan membawakan oleh-oleh seper yg i kue bingka, kue lam, kain sasirangan, laung serta syal.

Pada malam kesenian aroh ganal bubuhan Banjar itu, Paman Birin juga memberikan berbagi penghargaan kepada tokoh-tokoh tetuha Banjar di Inhil dan Riau. Mulai dari Pembina Kerukunan Banjar di Inhil hingga Pemersatu Bubuhan Banjar se-Riau.

Pada momen malam aroh ganal itu juga diisi hiburan seni kuntau dan Madihin serta penampilan artis Banjar, Tommy Kaganangan yang membawakan lagu-lagu khas Banjar.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023