Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini, terhadap potensi hujan di sertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat, yang di prakirakan terjadi pada 16 November 2023 di Wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara dan sekitarnya.

Selain itu, BMKG juga memprakirakan potensi hujan di sertai kilat/petir dan angin kencang berlangsung singkat, di prakirakan kembali terjadi pada sore hingga malam, tanggal 17 dan 18 November 2023 di seluruh wilayah di Kalimantan Selatan.

Potensi hujan di sertai kilat/petir dan angin kencang dengan waktu singkat, di prediksi masih berlanjut hingga sore, 19 November 2023 di wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Tanah Laut.

Pada laporan prospek cuaca mingguan berlaku mulai tanggal 15 – 21 November 2023, BMKG secara umum menyampaikan kondisi cuaca di wilayah Kalimantan Selatan, berawan dan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Dengan suhu udara diperkirakan berkisar antara 23-35 derajat celcius, dengan kelembapan udara berkisar antara 48-98 persen.

https://stamet.syamsudinnoor.bmkg.go.id/

Pada laporannya, BMKG menyampaikan prakiraan cuaca untuk wilayah Kalimantan Selatan bagian utara, yang meliputi Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Utara, mulai 15-18 November umumnya berawan dan hujan ringan, namun juga berpotensi hujan sedang dan lebat, dan pada tanggal 19-21 November, caca di prediksi cerah berawan dan berpotensi hujan ringan.

Sementara itu untuk Kalimantan Selatan bagian Timur dan Selatan meliputi Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu, dan Tanah Laut di prediksi berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Demikian juga  untuk Kalimantan Selatan bagian Barat, yang meliputi Kabupaten Hulu Sungai nTengah, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Barito Kuala, Banjar, Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, secara umum juga berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang.

https://signature.bmkg.go.id
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023