Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalsel membangun satu lembaga pemasyarakatan (lapas) di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, untuk mengurangi tingkat hunian di Lapas Kotabaru.


Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Imam Suyudi di Banjarmasin, Sabtu mengatakan, dengan di bangunnya Lapas tersebut maka akan mengurangi jumlah penghuni Lapas di Kotabaru dimana saat ini penghuninya sekitar 1.200 orang yang semestinya hanya menampung 180 orang.

Selain itu 60 persen warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kotabaru adalah warga masyarakat Tanah Bumbu.

"Kami bersama Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming telah melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan lapas tersebut," ucapnya.

Lapas Batulicin dibangun di atas tanah dengan luas lahan enam hektare hibah dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk lokasi pembangunan Lapas itu sendiri berada di daerah Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir.

Kanwil Kemenkumham Kalsel bersinergi dengan Bupati setempat serta minta dukungan instansi terkait guna percepatan pembangunan komplek Lapas yang saat ini akan dibangun kantor dengan dua lantai yang nantinya disusul blok-blok hunian warga binaan pemasyarakatan.

"Semua tergantung penganggaran tahun depan sehingga pembangunan komplek Lapas bisa terselesaikan semuanya. Selain itu perlu juga dibangun Bapas dan Rupbasan," tuturnya.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengapresiasi terkait pembangunan Lapas di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

"Saya apresiasi keinginan Kakanwil itu dan saya siap menuruskan langsung ke Gubernur," katanya.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016