Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan mewujudkan aspirasi masyarakat untuk membangun koneksi internet di daerah ujung barat daya pada 2023.
 
Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel Muhammad Muslim di Banjarbaru, Rabu, daerah ujang barat daya di Kalsel, meliputi Desa Kuala Lupak, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Baca juga: Pemkab Banjar ajukan jaringan internet sepuluh desa ke Kemenkominfo
 
Dikatakan Muslim, upaya memenuhi aspirasi masyarakat tersebut sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat menyerap mendengar keinginan warga melalui gelar "Turun ke Desa" (Turdes) yang bertema "Menembus batas 9" pada 3 Agustus 2023.
 
"Kami sudah melakukan survei, ini salah satu realisasi yang segera kita lakukan setelah bapak gubernur menerima permintaan masyarakat terkait dengan koneksi layanan komunikasi, salah satunya di daerah ujung barat daya Banua kita tersebut," ujarnya.
 
Muslim menyampaikan bantuan Diskominfo Kalsel ini dengan melakukan pemasangan internet satelit yang menjangkau wilayah barat daya tersebut.
 
Muslim mengarahkan kepada bidang aplikasi informatika untuk segera mengecek langsung di desa tersebut sekaligus koordinasi dengan kepala desa termasuk aparatur desa untuk penyaluran bantuan ini.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel Imam Kanapi siap perjuangkan pemerataan jaringan internet
 
Menurut dia, Kuala Lupak merupakan desa paling ujung di sisi barat daya Provinsi Kalsel, sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah.
 
Kemudian arah selatan adalah laut lepas atau Laut Jawa, sehingga akses transportasi menuju desa bisa ditempuh jalur air maupun darat, tapi untuk darat hanya bisa dijangkau dengan roda dua.

Ditambahkan Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Kalsel Ahmad Dadang Sugian Noor, jika tahapan ini diawali dengan survei untuk menentukan titik pemasangan alat internet.
 
"Setelah kita survei, penempatan alat rencananya akan dipasang di kantor desa yang letaknya berada di RT 01, persis di tengah kampung yang diharapkan sebagai titik terbaik untuk mengakses informasi bagi masyarakat," tutur Dadang.

Baca juga: Kalsel kemarin, dari masyarakat terpencil nikmati internet hingga situs Geopark
 
Saat melakukan survei dan koordinasi, Kepala Seksi Infrastruktur Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Kalsel Maisarah Syarqawie mengatakan kondisi layanan telekomunikasi masyarakat memang sulit, padahal akses ini sangat dibutuhkan pada zaman digital.
 
"Kami dari Diskominfo Kalsel akan memfasilitasi dengan fasilitas internet satelit agar warga di Desa Kuala Lupak ini terakomodir untuk mengakses dan mengembangkan internetnya" kata Maisarah.
 
Dia juga berharap dalam tahapan survei segera ditindaklanjuti dengan menentukan vendor dan tidak ada halangan dalam waktu dekat akan segera dilakukan pemasangan alat internet satelit.
 
Disampaikan Kepala Desa Kuala Lupak, Junaidi mengapresiasi upaya Pemprov Kalsel dalam merealisasikan aspirasi dari warganya yang masih terbelakang akan koneksi internet.
 
"Kami atas nama warga desa sangat berterima kasih atas kunjungan tim dari Diskominfo Kalsel, semoga aspirasi kami ini dilancarkan agar koneksi dapat dinikmati dan dapat berhubungan dengan keluarga di mana pun berada," ungkap Kepala Desa Kuala Lupak.

Baca juga: Pemprov perkuat jaringan internet di semua venue MTQ Nasional

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023