Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Kanwil Kemenkumham Kalsel segera memasang CCTV atau kamera tersembunyi yang mengarah ke luar tembok di area Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Teluk Dalam Banjarmasin.


"Pemasangan CCTV yang mengarah keluar itu dilakukan karena beberapa waktu lalu kami menemukan 30 paket sabu-sabu yang diduga di lempar dari luar tembok Lapas," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Imam Suyudi di Banjarmasin, Selasa.

Dia mengatakan, apabila nantinya ada CCTV yang mengarah ke luar maka segala aktivitas di luar tembok Lapas Teluk Dalam Banjarmasin akan terpantau oleh kamera tersebut.

Selain itu, kemungkinan semua Lapas dan Rutan di Kalsel juga akan dipasang CCTV yang mengarah ke luar tembok.

"Operator kamera tersembunyi itu nanti bisa melakukan pengawasan dengan ketat setiap aktivitas di luar tembok Lapas/Rutan," ucapnya lagi.

Menurut Imam, pengawasan tak hanya di bagian dalam dan perlu pengawasan ke arah luar agar jika terjadi sesuatu hal mencurigakan, bisa dilakukan pengecekan untuk mengetahui apa yang terjadi.

Sementara itu Kalapas Teluk Dalam Banjarmasin Hendra Eka Putra mengatakan pihaknya juga menitik beratkan perhatian ke tembok luar untuk segera memasang CCTV.

"CCTV segera dipasang agar kami bisa memantau kalau ada orang yang mencurigakan di luar tembok Lapas Teluk Dalam ini," ujarnya.

Untuk diketahui beberapa waktu lalu anggota Lapas Teluk Dalam yang sedang melakukan patroli di sekitar dalam Lapas menemukan 30 paket sabu-sabu di dalam dompet didekat sapti teng.

Sebanyak 30 paket sabu-sabu itu tidak bertuan dan diduga di lempar seseorang dari luar tembok dan belum sempat diambil oleh seseorang yang diduga berada di dalam Lapas Teluk Dalam. 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016