Balangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, Kalsel, H Ansharuddin menyampaikan nota pengantar rancangan Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017, pada sidang Paripurna DPRD setempat.


Dalam penyampaian KUA-PPAS tersebut Ia menjelaskan, PPAS adalah rancangan program prioritas dan patokan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), untuk setiap program dan kegiatan sebagai acuan dalam penyusunan rencana kerja anggaran SKPD sebelum disepakati bersama dengan DPRD.

"Di antaranya, untuk tahun 2017 kita masih optimis mampu menaikkan PAD, namun secara keseluruhan kita tidak mematok pendapatan setinggi tahun ini, terutama pada pos dana perimbangan," sampai Anshar.

Dikatakan H Ansharuddin, hal tersebut dikarenakan ada penurunan yang cukup signifikan pada bagi hasil bukan pajak dan pada Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik.

Disebutkannya, penurunan pendapatan pada bagi hasil bukan pajak di antaranya dikarenakan situasi ekonomi global yang masih belum membaik. Sedangkan penurunan DAK fisik, dikarenakan dampak langsung dari perubahan struktur APBN, dampak dari perekonomian nasional yang belum optimal pertumbuhannya.

"Situasi ini menuntu kita untuk lebih efisien dan tepat sasaran dalam bekerja. dengan sumber daya yang ada, kita harus berupaya mengoptimalkannya," ucap Anshar.

Untuk itu lanjut Bupati Balangan, eksekutif dan legislatif haru mengoptimalkan pelaksanaan APBD, meningkatkan koordinasi antara eksekutif dan legislatif dalam memantapkan penyusunan perencanaan anggaran yang transparan dan akuntabel, serta mewujudkan keterpaduan program nasional dan daerah dalam upaya peningkatan pelayanan umum dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

"Jadi apa yang tersaji dalam rancangan KUA-PPAS TA 2017 ini, nantinya akan kita gunakan sebagai dasar penyusunan APBD TA 2017 dan mendukung RKPD TA 2017, yang menetapkan tema pembangunan daerah, yaitu akselerasi peningkatan IPM kabupaten Balangan," katanya.

Tentunya hal ini bertujuan  untuk meningkatnya kualitas SDM, mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan berkelanjutan, membangun infrastruktur dan sarana-prasarana umum yang handal, pemanfaatan dan pengelolaan SDA, pengembangan sosial budaya masyarakat, meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah daerah dan membangun kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi didampingi kedua wakilnya tersebut, dihadiri juga oleh Wakil Bupati Balangan serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Balangan, dan sejumlah Kepala SKPD, Senin (29/8).

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016