Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, melatih warga "Bumi Bersujud" untuk berwirausaha.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Tanah Bumbu Kadri Mandar di Batulicin, Kamis mengatakan, sebanyak 16 orang warga Kecamatan Karang Bintang dilatih berwirausaha menjadi tukang potong rambut.

"Para peserta berasal dari data kemiskinan ekstrem yang di prioritaskan di wilayah Kecamatan Karang Bintang," kata Kadri Mandar.

Ia mengatakan, pelaksaaan pelatihan tersebut selama satu bulan yang dilaksanakan sejak 23 Oktober–23 November 2023 di Aula Kantor Camat Karang Bintang.

Kadri Mandar berharap melalui pelatihan ini, para peserta memiliki ketrampilan sebagai bekal nanti dalam berwirausaha khususnya sebagai tukang potong rambu atau "barbershop" secara mandiri.

Menurut dia, potong rambut merupakan kebutuhan yang selalu dibutuhkan siapapun dan di manapun. Karena itu, barbershop merupakan usaha yang sangat menjanjikan untuk dijadikan profesi.

"Tentunya dapat memberikan penghasilan tetap demi membantu meningkatkan perekonomian mereka," jelasnya.

Peserta pelatihan barbershop juga mendapatkan fasilitas antara lain paket barbershop lengkap berupa (apron, celemek, mesin cukur, gunting set, botol semprot, cermin, sisir, sikat bulu).

Sementara itu, Kasi Pemmas Kecamatan Karang Bintang M Zaki mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Program Pemkab Tanbu ini sangat memberikan manfaat luar biasa bagi warga masyarakat Kecamatan Karang Bintang," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023