Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Ikatan Kerukunan Keluarga (IKK) Hulu Sungai Tengah Banjarmasin  menghadiri Halal Bi Halal warga Hulu Sungai Selatan di Auditorium IAIN Antasari Banjarmasin.

Ketua Panitia Halal Bi Halal, Akhmad Zainuddin mengatakan, pertemuan IKK kali ini  mengambil tema " Ayo kita bacangkal maharagu karakatan dan martabat warga HSS gasan membangun Banua" dihadiri baik dari warga HSS yang berada di Banjarmasin, Marabahan, Martapura, Pelaihari, Rantau, Kandangan hingga dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Ketua IKK HSS H Amin Santang menyampaikan, kegiatan ini terselenggara atas dukungan banyak pihak baik warga HSS dibanyak daerah, forum komunikasi Mahasiswa IKK HSS dan lainnya, berharap, sinergi ini tetap bisa terjali di tahun-tahun mendatang karena selain ajang silaturrahmi juga positif untuk menyaluarkan aspirasi warga HSS serta informasi pembangunan daerah.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan H Suharjo mewakili Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyambut baik kegiatan Halal Bi Halal, untuk menjadi momentum membangun kebersamaan menuju Banua yang maju dan berkembang, momentum silturrahmi ini menurutnya akan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan untuk masyarakat lebih sejahtera.

"Peran warga dari HSS baik dari ulama,  akademisi, birokrat dan banyak tokoh dibidang lainnya telah dirasakan besar peranannya dalam pembangunan Banua dan melalui silaturrahmi ini terus dapat ditingkatkan, tekad kuat untuk berpartisipasi dalam pembangunan"ujarnya.

Rektor IAIN Antasari H Fauzi Aseri mengungkapkan kegembiraannya dengan bisa dilaksanakannya kegiatan halal bi halal dan hal ini sejalan dengan kerjasama IAIN Antasari dengan Pemkab HSS baik dalam kegiatan penelitian ataupun pengabadian masyarakat yang sudah terjalin baik.

"Alhamdulillah jumlah mahasiswa disini juga terbanyak dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sekitar 712 orang baru disusul Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten lainnya",ujarnya.

Adapun Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry dalam sambutannya mengungkapkan banyak program pemberdayaan masyarakat yang terus secara konsisten dilaksanakan Pemkab HSS utamanya untuk warga miskin di kabupaten HSS seperti program beras sejahtera (Rastra), program beras yang benar-benar gratis dan di tanah air hanya ada 5 persen yang menerapkannya termasuk HSS.

Begitupula program rumah layak huni, Pemkab HSS kembali memberikan bantuan untuk bantuan rumah layak huni untuk 1000 rumah yang peruntukkannya dianggarkan cukup sampai membangun WC, diharapkan melalui program ini warga yang tersasar program bisa "Guring Janak Baibadah Nyaman".

"Pelayanan kesehatan juga, kita juga telah memiliki RSUD H Hasan Baseri dengan tipe B sementara di Nagara  juga dibangunkan Rumah Sakit Pratama type D dan ini membanggakan karena daerah kita memiliki dua RS milik Pemkab HSS untuk melayani masyarakat kita",ujarnya.

Dirinya juga mengakui terkait penghematan anggaran akibat kebijakan pemerintah pusat sehingga diperlukan skala prioritas, ditengah berpacu dengan waktu pihaknya lebih memilih program pemberdayaan masyarakat yang langsung untuk kepentingan masyarakat ketimbang infrastruktur yang bisa saja ditunda proyeknya.

Dicontohkannya terkait pembangunan Kantor Bupati HSS yang lahannya sudah disiapkan lokasinya dengan Bundaharan Hamalau yang anggarannya mencapai lebih 800 Milyar dan untuk itu perlu disisihkan kurang lebih 150 milyar pertahun untuk pembangunannya, namun pihaknya lebih mendahulukan program prioritas dan meminta warga bersabar untuk memiliki kantor Bupati baru karena ada kebutuhan prioritas lainnya.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Luk Lua dari Sanggar Tari Posko La Bastari Kandangan yang mewakili Kalimantan Selatan meraih tiga penghargaan pada Parade Tari Nusantara (PTN)  ke-33 tahun 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta dilanjutkan Penampilan seni bela diri Bakuntau, dan suguhan ragam kuliner daerah termasuk Katupat Kandangan.

Turut berhadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati HSS H Ardiansyah, Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, Anggota DPRD Kalimantan Selatan Yazidie Fauzie, Ketua MUI HSS KH Mukyar Dahri, Para Pejabat Lingkup Pemkab HSS, Para Sepuh, ulama  dan Tokoh masyarakat, Forum Mahasiswa IKK Hulu Sungai Selatan, dan Undangan lainnya

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016