Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Hermansyah menerima kunjungan silaturahmi dari Kepala Badan Statistik (BPS) HSS Agung Setiawan Prasetya, di ruang kerjanya.

"Kunjungan kami dalam rangka melaporkan hasil atau dengan telah dirilisnya indikator kemiskinan di Kabupaten HSS yang angkanya mengalami penurunan," kata Kepala BPS HSS, mengutip pers release Prokopim Setda HSS, di Kandangan, Rabu.

Dijelaskan Agung, penurunan ini di mana pada tahun 2022 angka kemiskinan di HSS sebesar 4,54 persen, dan sekarang di tahun 2023 turun menjadi 4,01 persen, penurunan kemiskinan ini merupakan penurunan terbesar kedua setelah Kabupaten Balangan.

Baca juga: Gambah Luar dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik

Ditanya tanggapan Pj Bupati HSS terkait rilis angka kemiskinan tersebut, Agung menjelaskan pj bupati sangat bersyukur angka kemiskinan di HSS mengalami penurunan.

"Artinya program pemerintah daerah yang telah digelontorkan selama ini bisa mengangkat penduduk dari garis kemiskinan," ujarnya.

Semua datanya tadi sudah pihaknya serahkan kepada pj bupati, dan tentunya akan menjadi dasar bagi Pemkab HSS dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten HSS.

Baca juga: Bupati HSS buka rakor pendataan sosial ekonomi 2022

Namun satu hal yang harus menjadi perhatian tambah Agung, yaitu indikator indeks kedalaman dan keparahan artinya kondisi penduduk miskin kategori ekstrem, justru mengalami peningkatan.

"Terkait hal ini yang sudah juga kita sampaikan, pa pj bupati mengatakan akan menjadi fokus beliau dalam penuntasannya," pungkasnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023