Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Hermansyah mengharapkan Computer Security Incident Response Team (HSSKAB-CSIRT) dapat meminimalkan dan mengendalikan, apabila terjadi resiko kerusakan oleh serangan siber.

"Keberadaan tim ini membantu memberikan respon dan pemulihan yang efektif, serta tentunya mencegah terjadinya kembali hal serupa di masa mendatang," ujarnya dalam sambutan lauching HSSKAB-CSIRT Diskominfo HSS, di Kandangan, Rabu.

Pihaknya percaya bahwa CSIRT yang telah dilaunching akan dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, disamping disadari saat ini kecanggihan teknologi telah berkembang begitu pesat.

Baca juga: Rapat gabungan DPRD HSS selesaikan pembahasan dua raperda

Dan seiring dengan perkembangan teknologi tersebut juga menjadikan kejahatan turut berkembang hingga di dunia maya, kejahatan siber juga telah bermunculan di mana-mana.

Seperti pencurian identitas, pembobolan rekening bank, dan banyak lagi tindak kejahatan lainnya, maka diperlukan suatu tim yang dapat bergerak dan memberikan respon terhadap kasus kejahatan yang terjadi di dunia siber.

“CSIRT merupakan organisasi atau tim yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau, dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan siber, serta keberadaan tim ini di HSS dapat memberikan dukungan bagi Pemkab HSS" ujarnya.

Direktur Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia mengatakan CSIRT merupakan tim atau entitas dalam suatu lembaga.

Bertugas menyediakan layanan dan dukungan kepada organisasi untuk mencegah, mengelola dan menanggapi insiden keamanan informasi.

Baca juga: Diskominfo HSS gelar bimtek penyusunan masterplan smart city tahap II

"Jadi ketika terjadi sesuatu serangan siber ada tim yang bertanggungjawab, dalam menyelesaikan insiden terjadi terkait dengan insiden-insiden siber," ungkapnya.

Salah satu caranya yang dilakukan maka harus rajin membackup data, apabila data data diserang, maka masih ada backup atau cadangan datanya.

Ditambahkan dia, Kabupaten HSS ini yang ke-48 untuk launching CSIRT di seluruh Indonesia, sedangkan untuk wilayah di Kalimantan Selatan adalah yang kedua, sebelumnya ada di Kota Banjarbaru.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023