Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mencatat 28 kejadian dari pohon tumbang hingga atap terbang akibat hujan deras disertai angin kencang dan petir pada Senin sore.

Hujan lebat disertai angin kencang terjadi di wilayah Kota Banjarmasin sekitar pukul 16.30 WITA hingga 17.20 WITA, mengakibatkan belasan pohon tumbang di beberapa wilayah dan juga berapa atap rumah warga yang terbang hingga ada bangunan roboh.

Baca juga: Macet Banjarmasin-Banjar akibat pohon tumbang

Kepala BPBD Kota Banjarmasin Husni Thamrin menyampaikan petugas gabungan dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan, relawan dan pihak PT PLN setempat menangan terhadap pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang.

Dari catatan BPBD Banjarmasin, pohon tumbang sekitar 13 pohon tersebar di beberapa wilayah, di antaranya Komplek Kayu Bulan, Sungai Andai, Banjarmasin Utara hingga mengenai kabel listrik mengakibatkan lampu padam.

Kemudian pohon tumbang juga menutupi jalan di Jalan Piare Tendean depan Siring Sungai Martapura, Banjarmasin Tengah, serta mengenai kabel listrik.

Selanjutnya, Jjalan Yos Sudarso Banjarmasin Barat, Hutan Masjid Sambilal Muhtadi Banjarmasin Tengah, Sungai Miai yang menimpa rumah di depan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Baca juga: Hujan lebat disertai angin kencang robohkan pohon di Banjarmasin

Selain pohon tumbang, Husni juga mencatat adanya kerusakan menimpa atap rumah warga di Komplek Batu Banawa dan Purnama Permai di Sungai Andai Banjarmasin Utara, atap atau ACP roboh ULM Banjarmasin, atap Indomaret Benua Anyar, dan atap rumah lepas di Jalan Sungai Miai.

Selanjutnya ada pula, kata Thamrin, bangunan papan reklame yang rusak di Kampung Melayu dekat masjid dan depan Masjid Hasan Majedi.

"Sementara ini belum ada laporan korban akibat hujan deras disertai angin kencang sore tadi," paparnya.

Thamrin pun menyampaikan, bahwa penanganan atas kejadian ini dilakukan maksimal, utamanya pepohonan yang tumbang menghalangi jalan.

"Sehingga arus lalulintas bisa lancar kembali," paparnya.

Sementara itu, sejumlah wilayah di Kota Banjarmasin mengalami pemadaman listrik sejak terjadinya hujan sore tersebut hingga pukul 20.12 WITA belum juga nyala. Sebab beberapa pohon tumbang menimpa kabel listrik.

Baca juga: Banyak pohon tumbang akibat hujan lebat
Tangkapan Layar - Pohon tumbang akibat hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan jalan tertutup di Jalan Ahmad Yani Km8 Kabupaten Banjar menuju Banjabaru, Kalimantan Selatan pada Senin (16/10/2023) sore. ANTARA/HO-Ist

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023