Polres Tapin, Kalimantan Selatan menggelar pasar murah dalam rangka operasi Cooling System atau sistem pendingin untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kanit Regident Satuan Lantas Polres Tapin Ipda Muhammad Salahuddin Ariza mengatakan masyarakat sangat antusias menyambut pasar murah tersebut.

"Start mulai jam 07:00 Wita, dalam setengah jam ludes dibeli masyarakat," ungkap Ariza di Rantau, Rabu.

Baca juga: 485 personel gabungan amankan "Baayun Maulid" di Tapin

Ariza mengatakan mekanisme pasar murah yang diterapkan dengan cara membeli bahan pokok dari pedagang dan dijual kembali dengan selisih harga hingga Rp10 ribu.

"Dengan demikian, pasar murah tak bersinggungan dengan pedagang. Jadi, secara langsung menggerakkan ekonomi masyarakat. Plusnya, pembeli mendapatkan sembako dengan harga yang lebih kecil dari subsidi kita," ujar Ariza.

Kasi Humas Polres Tapin AKP Agung Setiawan mengatakan pelaksanaan operasi tersebut sudah dilaksanakan sejak dua minggu lalu dan berlangsung hingga pesta demokrasi rakyat Indonesia selesai.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk menjaga Sitkamtibmas serta menjaga kestabilan harga bahan pokok," ucap Agung.

Baca juga: Polres Tapin sukses amankan pesepeda nasional saat "Tour de Loksado"

Agung mengungkapkan setiap satuan kerja di Polres Tapin secara bergilir melaksanakan pasar murah secara berkelanjutan setiap dua minggu sekali.

Diketahui, sejumlah strategi pengamanan telah disusun Polri termasuk pola pendekatan sebagai upaya meredam eskalasi suhu politik agar tak berimbas pada gejolak di tengah masyarakat.

Seperti jajaran Polres di Polda Kalsel, berkomitmen menggelar pasar murah, bakti sosial, membantu masyarakat mulai pembagian paket sembako, pembagian gas LPG 3 kilogram, bazar UMKM hingga bakti kesehatan dengan pengobatan gratis menjelang Pemilu 2024.

Polda Kalsel dan jajaran Polres telah memetakan daerah rawan dan menentukan langkah antisipasi agar tidak pecah konflik akibat pelaksanaan Pemilu.  

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023