Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Pemkab HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan PT Adaro Indonesia bekerja sama memberikan beasiswa kepada anak daerah untuk menempuh pendidikan tinggi di Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Kerja sama ini adalah program tanggung jawab sosial PT Adaro Indonesia bidang pendidikan berupa pemberian beasiswa kepada anak daerah di Hulu Sungai Utara,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten HSU Jumadi di Amuntai, Hulu Sungai Utara, Senin.

Baca juga: Sosok Priyadi jadi panutan bagi Habibie

Jumadi menyebutkan program tersebut adalah Beasiswa Utusan Daerah (BUD) yang diberikan kepada peserta terpilih dari kalangan para pelajar kelas 12 yang akan lulus dari jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

“Generasi muda yang cerdas akan berkomitmen berkontribusi terhadap pembangunan daerah,” ucapnya.

Pada kesempatan kerja sama itu, Pemkab HSU juga memfasilitasi pertemuan dengan menghadirkan perwakilan lembaga IPB dengan para pelajar SLTA yang merupakan calon peserta seleksi penerima BUD.

Lebih lanjut, ada sekitar 40 orang pelajar yang hadir didampingi beberapa guru yakni dari SMAN 1 Amuntai, SMAN 2 Amuntai, SMAN Amuntai Utara, SMAN Sungai Pandan, MAN 1 HSU, MAN 2 HSU, MAN 3 HSU, dan SMAN 3 Danau Panggang.

Baca juga: Penerimaan beasiswa IBFL diminta jadi ambasador bagi ULM dan Adaro

Dia mengatakan untuk jumlah kuota beasiswa, proses dan kriteria seleksi, seluruhnya ditentukan oleh pihak PT. Adaro Indonesia.

Jumadi berharap peserta yang lulus sebagai penerima beasiswa dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik dan memberikan kontribusi untuk pembangunan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Kampus IPB Ibnul Qayim saat menghadiri pertemuan itu, mengatakan sosialisasi beasiswa yang di adakan di Kabupaten HSU merupakan salah satu upaya memberikan kesempatan kepada para calon penerima beasiswa untuk menentukan program studi yang diminati.

“Prestasi mahasiswa IPB yang berasal dari Kabupaten HSU sudah terbukti bagus semuanya,” ujar Ibnul.

Baca juga: Cerita menyentuh Si Kembar peraih beasiswa IBFL Adaro di ULM

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023