Martapura, (Antaranews Kalsel) - Ribuan jamaah larut dalam zikir pada Haul ke-lima  KH Muhammad Djazouly Fadhil C Seman yang dipimpin langsung oleh Bupati Banjar H Khalilurahman. Sabtu (20/8) malam.
 
Sebelum dimulainuya acara haul ke-5 Abah Anang, usai Maulid Habsy tamu undangan pun menunaikan Salat Isya berjamaah di sekitar kubah. Keluarga almarhum melaksanakan haul ke-5. Acara ditempakan di lingkungan kubah makam beliau yaitu Komplek Pangeran Antasari Martapura pukul 19.45 Wita. Kegiatan ini juga terbuka untuk umum, sehingga tentu akan dihadiri banyak jamaah.
 
KH Muhammad Djazouly Fadhil C Seman bin Seman Kadir atau yang akrab disapa Abah Anang Djazouly tentu masih melekat di hati masyarakat Banua, Kalimantan Selatan.
 
Abah Anang tidak hanya dikenal masyarakat Kalsel, namun juga hingga ke luar daerah. Abah Anang lahir di Martapura 8 Desember 1936. Beliau putra Seman Kadir dan cucu keturunan ke-5 ulama basar Kalimantan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan. Banyak hal menarik pada diri Abah Anang.
 
Tanda kemampuan beliau dibidang agama telah ditunjukan sejak usia belia saat dalam pangkuan sembari disusui ibunda tercinta, di samping beliau ada sang kakak yang sedang mengaji tiba tiba beliau berucap membenarkan bacaan Al Quran yang sedang dibaca kakaknya kala itu.
 
Dalam berguru agama, Abah Anang tidak saja sekolah ulama di Batavia, tapi juga banyak belajar dari habaib yang ada di Indonesia. Diantaranya Abdul Kadir, Ismail Khatib, termasuk Habib Muhammad bin Ali Al Habsyi dan Habib Abdul Rahman Al Habsyi. Jumat 14 Oktober 2011 pukul 10.00 Wita Abah Anang dipanggil kehadirat Allah SWT pada usia 74 tahun.
 
Ulama kharismatik ini tutup usia setelah sakit. Haul yang ke-5 ini ribuan jemaah berdatangan memenuhi makam Abah Anang.
 
Haul ini dihadiri para tuan guru, para alim ulama dan para habaib juga turut berhadir Bupati Banjar H Khalilurahman beserta Wakilnya H Saidi Mansyur.

Serta mantan Bupati Banjar Sultan H Pangeran Khairul Seleh bersama mantan Wakil Bupati Banjar H Ahmad Fauzan Saleh dan mantan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin turut hadir dalam acara ini. Haul ini dirangkai dengan zikir dan diakhiri doa bersama. (pus/yani/f)
    


Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016