Tim Persija Jakarta U-18 menggulung PS Barito Putera U-18 dengan skor telak 4-0 pada lanjutan pekan keempat kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Green Yakin Soccer Field Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu.

Empat gol dari Persija Jakarta dicetak Nathan Fariel pada menit ke-12 dan menit ke-35 sisa perpanjangan waktu babak pertama, kemudian Muhamad Rizky pada menit ke-19, dan Irpan Abadi Siregar pada menit ke-48.

Baca juga: Barito Putera U-16 tundukkan Persija Jakarta 1-0

Pelatih PS Barito Putera U-18 Oki Prasetya di Banjarmasin, Minggu, mengakui anak asuhnya bermain jauh di bawah performa meski bermain di kandang.

“Saya sudah coba merotasi pemain, tetapi harus diakui permainan Persija Jakarta sangat bagus dan mampu menguasai jalannya pertandingan babak pertama dan kedua,” ujar Oki.

Babak pertama dimulai, Persija Jakarta sebagai tim tamu justru lebih mendominasi, pada menit ke-12 peluang emas tercipta di kotak penalti Barito Putera, pemain Persija Nathan Fariel tidak membuang peluang untuk merobek jala gawang tim tuan rumah, Persija unggul sementara 1-0.

Barito Putera memberikan perlawanan pada menit ke-13 dengan serangan cepat dari sisi sayap kiri mengoper bola ke depan, terjadi kemelut di area 12 pas Persija, namun pemain depan Barito Putera gagal memanfaatkan peluang.

Pada menit ke-19, pemain Persija Jakarta Muhamad Rizky mencoba memasuki kotak penalti lawan untuk menerima umpan pendek dan berhasil menggandakan keunggulan usai merobek jala gawang kiper Barito Putera Zavier Zakarya, skor sementara 2-0 untuk keunggulan tim tamu.

Baca juga: Bagus Kahfi bisa kembali turun ke lapangan
Pemain PS Barito Putera U-18 (kuning) dan Persija Jakarta U-18 (merah) terlibat saling berebut bola di Green Yakin Soccer Field Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (8/10/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)
Barito Putera memanfaatkan kembali serangan balik pada menit ke-26, Azriel Aimar mencoba menerobos kotak penalti Persija untuk menerima umpan lambung, namun sepakan kaki kanannya dari dalam kotak penalti masih melambung tipis di atas mistar gawang kiper Persija Jakarta Govindra Ryzaka.

Pada menit ke-35 saat masa perpanjangan waktu dua menit babak pertama, pemain Persija Nathan Fariel mencatatkan namanya kedua kali di papan skor melalui tendangan bola mati dari luar kotak penalti lawan, kiper Barito tak mampu membendung tembakan keras tepat di pojok kiri gawang dan membawa Persija unggul jauh 3-0 mengakhiri babak pertama.

Babak kedua dimulai, Barito Putera sempat mengancam pertahanan Persija pada menit ke-37, namun sayang sepakan pemain depan Barito Putera Muhamad Raihan masih membentur tiang gawang tim tamu.

Baca juga: Pemain muda Barito Putera mendukung regulasi pemain U-20 di Liga 1

Permainan kedua tim cukup keras, wasit Heri Sulistyo yang memimpin jalannya pertandingan mengeluarkan kartu kuning satu kali pada babak pertama untuk tim tamu, kemudian tujuh kartu kuning pada babak kedua, yakni empat kartu untuk Barito Putera dan tiga kartu bagi Persija Jakarta.

Meskipun tensi permainan cukup panas, Persija justru mampu memanfaatkan kesempatan pada menit ke-48 melalui peluang emas Irpan Abadi Siregar dari dalam kotak penalti menggetarkan jala gawang tuan rumah dan membawa timnya unggul jauh 4-0.

Barito Putera mencoba memanfaatkan sisa waktu dengan serangan balik, namun hingga peluit panjang dibunyikan wasit tanda berakhirnya babak kedua, skor tidak berubah 4-0 untuk kemenangan Persija Jakarta.

Hasil tersebut menjadi kemenangan laga tandang kedua untuk Persija Jakarta, sementara Barito Putera mengalami kekalahan kedua laga kandang pada lanjutan EPA Liga 1 Indonesia U-18.

Baca juga: Pemulihan Bagus Kahfi terhambat sulit bertemu fisioterapis

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023