Tim PS Barito Putera U-16 memastikan tiga poin setelah menundukkan Persija Jakarta U-16 dengan skor 1-0 pada lanjutan pekan keempat kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Green Yakin Soccer Field Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu.

Gol semata wayang Barito Putera dicetak Nabil Zakki pada babak kedua menit ke-50 melalui umpan cantik dari sisi sayap kiri Barito Putera.

“Alhamdulillah kita berhasil meraih kemenangan perdana setelah bermain empat laga,” kata Pelatih PS Barito Putera U-16 Ismayana Arsyad di Banjarmasin, Minggu.

Ismayana menyebutkan anak asuhnya cukup mampu menguasai jalannya pertandingan babak pertama hingga babak kedua.

“Setelah babak pertama, saya coba rotasi posisi para pemain, kita maksimalkan posisi sayap dan membuahkan hasil pada babak kedua,” ucapnya.

Bermain di kandang, Barito Putera menguasai permainan pada babak pertama, menit ketujuh sempat mengancam jala gawang Persija melalui tendangan bebas Ilham Romadhona dari luar kotak penalti, namun masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Persija melakukan serangan balik pada menit ke-22 melalui terobosan yang dilakukan Fithran Widho masuk ke kotak penalti tuan rumah, namun pemain belakang Barito dengan sigap menyapu bersih bola ke luar lapangan.
Pemain Barito Putera U-16 (kuning) melompat berusaha berduel dengan kiper Persija Jakarta U-16 (ungu), di Green Yakin Soccer Field Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (8/10/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Tim tuan rumah kembali melancarkan serangan, dua kali tendangan bebas dari luar kotak penalti Persija pada menit ke-17 dan 27 melambung tipis di atas mistar gawang tim tamu. Hingga turun minum skor kaca mata tidak berubah.

Pada babak kedua, tim tamu mendapat peluang menit ke-39 melalui umpan cantik dari sayap kiri melalui Muhamad Nazwan, namun Tiandra Pascal yang tinggal berhadapan di depan mulut gawang tuan rumah justru gagal memanfaatkan peluang matang.

Pelatih Barito Putera mencoba merubah strategi dengan melalukan rotasi sejumlah pemain tengah dan sayap.

Taktik tersebut membuahkan hasil pada menit ke-50 melalui umpan lambung dari sisi sayap kiri masuk ke kotak penalti Persija Jakarta, Nabil Zakki tak terkawal sukses merobek jala gawang Persija Jakarta dan membawa unggul timnya sementara dengan skor 1-0.

Hingga peluit panjang berbunyi tanda berakhirnya babak kedua, skor 1-0 tidak berubah untuk kemenangan Barito Putera. Kemenangan ini sekaligus menjadi kemenangan perdana Barito Putera pada kompetisi EPA Liga 1 2023/2024 setelah bermain imbang pada tiga pertandingan sebelumnya.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023