Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Klaimantan Selatan, menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk meningkatkan tata kelola arsip di "Bumi Bersujud" lebih baik.

"Kerjasama ini bagian dari upaya meningkatkan tata kelola arsip yang lebih baik dan sesuai dengan kaidah kearsipan yang berlaku," kata kepala Dispersip Kabupaten Tanah Bumbu Yulia di Batulicin Sabtu.

Dia mengatakan, ini adalah inisiatif Dispersip Tanah Bumbu dalam upaya meningkatkan kapasitas pengelola arsip daerah.

Ini sangat penting dalam melaksanakan tata kelola arsip yang baik dalam menjaga dan melestarikan sejarah daerah.

"Kami juga juga menekankan peran strategis pengelola arsip dalam mendukung transparansi, akuntabilitas, dan pelayanan publik yang lebih baik," kata Yulia.

Mengenai hal ini, Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar juga memberikan apresiasi atas kerjasama ini.

Ia berharap melalui program ini, para pengelola arsip dapat mengimplementasikan tata kelola arsip yang baik dan benar. Dengan demikian, Kabupaten Tanah Bumbu dapat terus meningkatkan kualitas tata kelola kearsipan yang akan berdampak positif pada pelayanan masyarakat.

Selain itu, kerjasama ini juga mewujudkan komitmen Tanah Bumbu tingkatkan tata kelola arsip di wilayahnya. Dengan peserta dari SKPD yang beragam, pengetahuan dan keterampilan arsip akan meluas, mendukung efisiensi harian.

"Ini menjadi langkah awal yang positif dalam memastikan bahwa sejarah dan informasi penting daerah tetap terjaga dengan baik. Sehingga program magang ini memberikan manfaat besar bagi Kabupaten Tanah Bumbu dan pengelola arsip di seluruh SKPD," terang yulia.

Pewarta: Diskominfo Tanah Bumbu

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023