Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Jumlah lembaga pendidikan yang masuk kategori sekolah sehat bertaraf nasional di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan bertambah setelah SDN Paliwara 1 masuk nominasi meraih juara Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional tahun ini.


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Anisah Rasyidah Wahid di Jakarta, Selasa mengatakan, bertambahnya sekolah yang berprestasi dibidang kesehatan ini menjadikan beberapa lembaga pendidikan dari luar daerah menjadikan Kabupaten HSU sebagai tujuan studi banding untuk sekolah sehat.

"Ada beberapa sekolah dari Kalteng yang berkunjungi ke SDN baruh tabing untuk melakukan studi banding, kini sekolah sehat bertambah dengan masuk nominasinya SDN Paliwara 1 ketingkat nasional" ujar Anisah.

Anisah mengatakan, SDN Paliwara 1 menyusul prestasi sebelumnya yang diraih SDN Baruh Tabing yang tahun lalu meraih juara 2 tingkat nasional kini ramai dikunjungi sekolah dari luar daerah.

Anisah yang mendampingi Kepala SDN Paliwara 1 menerima penghargaan di Kementerian Kesehatan untuk Lomba Sekolah Sehat (LSS) bersyukur karena lembaga pendidikan didaerahnya kembali mendapat penghargaan bergengsi ditingkat nasional.

SDN Paliwara 1 masuk nominasi LSS 2016 bersama Madrsyah Tsanawiyah Ampukung di Kabupaten Tabalong yang mewakili Kalimantan Selatan.

Kabid pengembangan kesehatan Dinas Kesehatan HSU Ivan Heryadi menerangkan penghargaan kategori best achievment kemungkinan di raih SDN Paliwara 1 Amuntai atas semangat dan dedikasi pihak guru dan siswa dalam meningkatkan derajat kesehatan dilingkungan sekolah.

“Selain kantin sekolah yang sudah memenuhi standar dari Balai Pengawas Obat dan Makanan, sekolah ini mampu mengolah limbah pembuangan air bekas wudhu untuk tanaman sekolah,” katanya.


 

 

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016