Sebuah truk angkutan bermuatan kayu gelondongan terjungkal di jalur alternatif jalan nasional KM 171 Satui Barat yang runtuh ke lubang tambang batubara di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pada Senin siang. 

Kasat Lantas Polres Tanah Bumbu AKP Guntur Setyo Pambudi mengatakan kecelakaan tunggal tersebut terjadi karena kondisi jalur alternatif buruk. 

"Nihil, tak ada korban jiwa," ujarnya dikonfirmasi ANTARA. 

Baca juga: Jalan nasional di Tanah Bumbu dikepung lubang tambang batu bara

Guntur mengungkapkan sejak jalan nasional penghubung Kalimantan Selatan - Ibukota Negara Nusantara di Kalimantan Timur itu ambruk pada 28 September 2022 sudah terjadi kecelakaan berulang kali. 

"Terbaru ini, kalau tak salah sudah empat kali kecelakaan, semuanya nihil korban dan material," ungkapnya. 

Ia katakan, ambruknya jalan nasional itu jelas membuat mobilitas barang dan orang terganggu, ditambah penggunaan jalur alternatif menambah waktu tempuh perjalanan. 

"Tindakan kita dengan Polsek setempat menggandeng perusahaan setempat untuk membantu perbaikan dan perawatan jalan tersebut, kita juga memasang spanduk peringatan di sebelum pintu pintu masuk ke arah jalan alternatif," ujarnya. 

Baca juga: Pembangunan jalan KM 171 Satui masih di koordinasikan kementerian PUPR
 
Seorang pengendara sepeda motor melintas di jalan nasional Ahmad Yani Km 171 yang longsor di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Rabu (28/9/2022). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww.

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023