DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melaksanakan rapat paripurna dewan dalam rangka memperingati hari jadi (Harjad) ke-497 kota setempat tahun 2023 di gedung dewan kota, Kamis.
 
Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Harry Wijaya didampingi unsur pimpinan lainnya HM Yamin HR, Matnor Ali dan Tugiatno, dihadiri Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan wakilnya H Arifin Noor.
 
Rapat paripurna yang dibalut pakaian adat Banjar dikenakan seluruh anggota DPRD Kota Banjarmasin dan unsur Forkopimda tersebut bertema sesuai peringatan Harjad ke-479 tersebut, yakni, Banjarmasin Baiman adalah kita, "kota adalah kita".
 
Dengan mengambil tema "Baiman adalah kita" merupakan resapan implementasi dari seluruh pencapaian baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia.
 
Ketua DPRD Banjarmasin H Harry Wijaya dalam sambutannya mengatakan, Harjad ini memiliki makna yang strategis untuk selalu dijadikan inspirasi dan motivasi dalam menjalankan tugas, tanggung jawab sesuai dengan peran masing-masing dalam mewujudkan cita-cita pendiri Kota Banjarmasin.
 
Sehingga kata Harry, dapat terwujud masyarakat Banjarmasin yang lebih maju, lebih sejahtera, aman, adil dan makmur serta berkecukupan.
 
"Kami mengucapkan selamat Harjad dengan tema "Banjarmasin Baiman adalah kita" kota adalah kita" ke-497 tahun," ucapnya.
 
Seiring dengan tema tersebut Harry mengajak semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat turut terlibat dalam membangun dan menjaga Kota Banjarmasin yang dicintai untuk mengembangkan diri baik itu berupa kolaborasi, kreativitas maupun partisipasi demi mewujudkan Banjarmasin Baiman (barasih wan nyaman).
 
Dalam momentum hari jadi ini kiranya juga diharapkan dapat menjadikan refleksi, evaluasi atas dinamika kinerja dalam langkah serta kiprah bersama sebagai penyelenggara pemerintahan yang merupakan cerminan representasi masyarakat, dan sebagai wujud ungkapan terima kasih sekaligus rasa cinta pada Kota Banjarmasin ini.
 
Peringatan Harjad tahun ini, lanjut Harry, juga memiliki makna khusus karena memasuki 4 tahun masa bakti periode 2019--2024 pada pengabdian sebagai wakil rakyat Banjarmasin.
 
"DPRD juga berterima kasih atas kerjasama yang baik selama ini bersama Pemkot, semoga dapat terus dilanjutkan dan saling bersinergi. Masih banyak tantangan dan sejumlah permasalahan baik fisik maupun non fisik yang harus diselesaikan," ucapnya.
 
Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengajak seluruh elemen untuk mengenang bersama pengabdian dan hasil karya berharga dari para tokoh pemimpin dan pejuang terdahulu atas daerah ini agar dapat menjadi sumber inspirasi dan kekuatan kedepannya sebagai generasi penerus dalam mewujudkan cita-cita luhur dari para pendiri Kota Banjarmasin.
 
"Saya mengharapkan kepada pimpinan dan anggota DPRD yang terhormat, agar kerjasama yang baik, antara jajaran legislatif denan eksekutif dapat senantiasa kita pelihara dan ditingkatkan lagi di masa-masa yang akan datang," terangnya.
 
Oleh karena itu, Ibnu mengajak kolaborasi bersama dengan penuh integritas dan menjadikan momentum rapat paripurna istimewa ini sebagai awal yang baru dalam perjalanan menuju masa depan kota banjarmasin yang lebih cerah. 
Rapat Paripurna DPRD Kota Banjarmasin tentang peringatan Harjad ke-497 Kota Banjarmasin, Kamis. (ANTARA/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023